Kamis, 25 Juni 2015

[Book Review] Shades of Earth

Judul: Shades of Earth (Across The Universe #3)
Penulis: Beth Revis
Penerjemah: Barokah Ruziati
ISBN: 978-602-03-1528-7
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 496 halaman
Cetakan I, 2015

WARNING!! SPOILERS FOR THOSE WHO HAVEN'T READ THE FIRST 2 BOOKS

Review for Across the Universe (Across the Universe #1)
Review for A Million Suns (Across the Universe #2)

Amy dan Elder akhirnya keluar dari kungkungan pesawat Godspeed dan menjejakkan kaki di Bumi-Centauri, planet yang akan menjadi rumah baru mereka. Namun tempat ini ternyata jauh berbeda dari yang dibayangkan Amy selama ini––dan mereka bukan satu-satunya makhluk hidup di sana.

Setiap penemuan baru membawa bahaya yang lebih besar. Apabila koloni mereka musnah, akan sia-sialah semua yang telah mereka korbankan––sahabat, keluarga, kehidupan di Bumi––demi membangun masa depan baru di Bumi-Centauri



~~~

Akhirnya Amy dan Elder telah berhasil menyelesaikan teka-teki Orion di buku keduanya. Mereka memutuskan untuk mendarat secepatnya karena keadaan Godspeed yang semakin memburuk. Sayangnya, hanya sebagian yang ikut mendarat. 

Elder berhasil mendaratkan mereka yang ikut termasuk dirinya dan Amy, kemudian orang-orang beku dibangunkan, termasuk orang tua Amy. Hal ini mengharuskan penduduk Godspeed harus membiasakan hidup bersama orang-orang bumi ini. Selain itu, seperti yang sudah diketahui di buku kedua sebelumnya, planet ini memang bisa dihuni tetapi masih ada hal yang lain, hal yang tidak diketahui oleh siapapun.
Begitu banyak yang tidak kami pahami. Ketidaktahuanlah yang akan membunuh kami di planet ini.
Bumi-Centauri ternyata masih menyimpan banyak rahasia. Seiring berjalannya waktu, beberapa penduduk menghilang dengan alasan yang tidak jelas. Oleh karena itu, Amy dan Elder harus bergegas memecahkan misteri tersebut di planet yang mereka huni sekarang. Namun, untuk memecahkan misteri tersebut mereka harus berani mempertaruhkan nyawa mereka.

Berhasilkah mereka memecahkan misteri tersebut tanpa membawa bahaya?  Masyarakat mereka sedang dalam bahaya, apakah mereka melewatkan sesuatu yang penting? Ayo, segera temukan jawaban di buku terakhir ini dan dijamin kalian akan terpukau!



Ya, aku butuh waktu lama untuk mengembalikan mood review ini. Moodku hilang karena sudah terhanyut dengan dunia novel yang sedang kubaca ini *apa ini*. Buku ketiga ini sangat memuaskan!!! Brilian!!

Seperti biasa masih ditulis dari 2 sudut pandang, Amy dan Elder. Keduanya sama-sama menceritakan keadaan Bumi-Centauri dengan caranya masing-masing. Dari sudut pandang Amy, kita bisa mengikutinya kemana-mana, termasuk mencari tahu bersama Elder. Sedangkan dari pihak Elder, kita bisa merasakan susahnya mengatur dan melindungi masyarakat dan juga mencari tahu bersama Amy.

Seperti biasa, pastinya ada kemunculan tokoh baru. Ada Kolonel Martin, ayah Amy yang tegas namun ia peduli dengan keluarganya. Di buku ini perasaan Elder terhadap Amy semakin bertambah dan aku tambah menyukai karakter Elder ini, serta masih bersemangat membaca dari sudut pandang Elder. So sweet banget, ia rela melakukan apa saja demi Amy.

Jujur saja, aku sempat merasa bosan di awal cerita berjalan. Di awal cerita penulis menceritakan keadaan Bumi-Centauri dan perlahan planet tersebut meninggalkan misteri-misteri yang membuat pembaca merasa penasaran. Hal inilah yang membuatku tidak bisa berhenti membaca. Lagi-lagi, penulis memang pintar menyembunyikan jawaban misteri yang tidak kita duga. Penulis tampaknya sengaja meninggalkan kita pertanyaan dari awal atau membuat kita bingung. Hal ini membuatku menyukai gaya penulisannya. Di buku ketiga ini, kalian akan mendapatkan jawaban yang mencakup pertanyaan dari buku pertama sampai buku terakhir ini. Yah, intinya buku ini menyimpan semua jawaban.

Buku akhir dari trilogi Across The Universe ini sungguh brilian!! Akhirnya aku membaca buku akhir dari suatu series tertentu yang tidak meninggalkan plothole untuk pertama kalinya di tahun ini. Karena sejauh yang kubaca (sampai aku menuntaskan trilogi ini), buku akhir dari suatu trilogi kesannya buru-buru / tidak jelas. MY NEW FAVORITE TRILOGY! :)

Rating:
5/5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...