Minggu, 15 Februari 2015

[Book Review] Across The Universe

Judul: Across The Universe (Across The Universe #1)
Penulis: Beth Revis
Penerjemah: Barokah Ruziati
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 488 halaman
Cetakan I, 2014

Amy adalah remaja yang dibekukan secara kriogenik di dalam pesawat angkasa luar Godspeed. Dia dan kedua orangtuanya akan menuju planet baru, Bumi-Centauri, tiga ratus tahun di masa depan. Tetapi 50 tahun sebelum Godspeed dijadwalkan mendarat, ruang krio 42 dibuka secara misterius, dan Amy terbangun dari tidur bekunya.

Seseorang mencoba membunuhnya

Kini Amy terjebak di dalam pesawat itu. Seluruh penumpang Godspeed yang berjumlah 2.312 orang dikendalikan oleh Eldest, pemimpin yang otoriter dan menakutkan. Tetapi ada Elder, remaja pemberontak yang akan menjadi penerus Eldest. Elder terpesona pada Amy, sekaligus ingin membuktikan dirinya sanggup menjadi pemimpin.

Amy sangat ingin memercayai Elder. Tapi bisakah dia menaruh keyakinan pada anak lelaki ini, yang tidak pernah tahu kehidupan di luar dinding-dinding kapal yang dingin? Amy hanya tahu dia dan Elder harus segera mengungkap rahasia-rahasia Godspeed sebelum orang yang telah membangunkannya mencoba membunuhnya lagi.
~~~
Amy dan orangtuanya ikut dalam misi perjalanan menuju planet baru, Bumi-Centauri. Perjalanan menuju Bumi-Centauri membutuhkan waktu 300 tahun untuk sampai kesana. Sehingga orang-orang yang akan ikut menuju kesana akan dibekukan secara kriogenik. Sebelum dibekukan, ayahnya telah memberi Amy kebebasan memilih untuk ikut apa tidak. Sebenarnya, yang ikut hanyalah orang-orang penting atau pekerjaannya penting seperti ahli. Nah, orang-orang tersebut akan bertugas untuk mengubah planet tersebut agar menyerupai Bumi. Dalam hal ini, Amy ikut karena permintaan orangtuanya.

Pesawat tersebut dipimpin oleh Eldest dan Eldest harus melatih seorang untuk meneruskan kepemimpinan Eldest yang disebut Elder. Sifat Elder ini pemberontak dan punya keingintahuan yang tinggi. Ia merasa Eldest tidak melatihnya dengan sepenuhnya, sehingga ia masih kurang puas.
"Jika Eldest tidak mau memberitahukan apa yang terjadi, aku akan mencari tahu sendiri."

Akan tetapi, sesuatu telah terjadi seseorang telah membangunkan Amy 50 tahun sebelum pesawat dijadwalkan mendarat. Ia telah dibangunkan dengan cara yang tidak semestinya dan membuat Amy nyaris mati. Untung saja Elder dan Doc datang tepat waktu dan menyelamatkan Amy. Hal ini mendorong Amy untuk mencari siapa yang telah membangunkannya bersama Elder dan Harley, sahabat Elder.
"Penyebab pertama perselisihan adalah perbedaan. Tidak ada agama di Godspeed. Kita semua berbicara dengan bahasa yang sama. Kita semua monoetnik."
Keberadaan Amy membuat Eldest tidak senang karena Amy dapat menimbulkan perselisihan di Godspeed. Selain itu, beberapa kotak di level krio ada yang terbuka seperti kotak Amy. Hal itu membuat Amy, Elder, dan Harley mencari tahu siapa pelakunya. Sambil mencari pelakunya, Elder juga berusaha mencari tahu rahasia yang disembunyikan Eldest darinya.

Jadi, siapa yang membangunkan Amy? Mengapa beberapa kotak krio juga tiba-tiba terbuka dan siapa yang membukanya? Keberadaan Amy yang tidak disukai oleh Eldest, akankah membuat perselisihan? Dan Berhasilkah Elder menemukan rahasia yang disembunyikan oleh Eldest?



Pertama kalinya aku membaca buku yang bersetting diluar angkasa. Tidak menyesal! Bisa dibilang Cukup puas dengan ceritanya!! Awalnya, aku tidak yakin akan membaca buku ini apa tidak karena rating Goodreads. Karena cover yang menarik dan settingnya diluar angkasa, serta beberapa reviewer juga bilang buku ini bagus, katanya twistnya so mindblowing! Sebagai pecinta plot twist, aku tertarik membacanya. Kebeli deh. 

Ditulis dengan sudut pandang pertama dari 2 pihak, Amy dan Elder. Dari sudut pandang Amy, diceritakan proses pembekuan kriogenik secara detail dan ketika Amy tidur sebelum dibangunkan. Tentu, diawal cerita agak membosankan jika diceritakan dari sudut pandang Amy. Untungnya, sudut pandang dari Elder tidak membuatku bosan. Dari sini, kita diajak berkeliling Godspeed dengan Elder dan mengetahui kehidupan-kehidupan di pesawat ini. Kehidupan di Godspeed agak mengingatkanku dengan "The Giver", dimana kehidupan diatur secara teratur untuk menghindari pemberontakan atau perselisihan. Selain itu, kita juga ikut mencari tahu rahasia yang disembunyikan oleh Eldest bersama Elder. Bagian sudut pandang Elder lah yang menjadi favoritku, aku selalu semangat jika sudut pandang akan berganti ke Elder. 

Karakter dibuku ini ditulis dengan jelas. Karakter Amy awalnya sangat jengkel dan keras kepala. Ya, aku benar-benar tidak suka karakter yang keras kepala, hehehe. Karakter favoritku adalah Elder. Okay, karakter dan tindakan cowok ini memang membuatku memasukkan dia ke top boyfriend list :D Elder ini sangat suka memberontak dan suka perbedaan. Ia juga sangat peduli sama Amy. Tentu selain Elder, aku juga menyukai Harley. Ia sangat lucu dan pandai melukis. Disamping itu, ia juga melindungi Amy disaat Elder tidak ada. Tentu, karakternya Eldest sangat jelas bahwa dia otoriter dan tidak suka perselisihan. 


Dan, memang benar twistnya so mindblowing! Aku sangat tidak menduga siapa pelakunya.Untuk terjemahannya sangat enak dibaca meskipun ada beberapa kata tertukar antara Elder dan Eldest.Dan aku sangat tidak sabar dengan kelanjutannya, A Million Suns yang akan diterbitkan Gramedia pada akhir bulan ini!!

"Lebih baik pernah mencintai dan kehilangan daripada tidak mencintai sama sekali"
Rating:
5/5

2 komentar:

  1. YEAY! Kalau kamu bilang terjemahannya oke sepertinya aku akan mencoba membeli yang edisi terjemahan saja :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke kok. Kalo penerbit GPU pasti terjemahannya enak-enak tapi harganya itu loh...

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...