Senin, 26 Juni 2017

[Book Review] Bintang

Judul: Bintang (Bumi #4)
Penulis: Tere Liye
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
ISBN : 9786020351179
Tebal: 392 halaman
Cetakan I, Juni 2017

Peringatan! SPOILER bagi yang belum membaca buku BUMI, BULAN, DAN MATAHARI

Kami bertiga teman baik. Remaja, murid kelas sebelas. Penampilan kami sama seperti murid SMA lainnya. Tapi kami menyimpan rahasia besar.

Namaku Raib, aku bisa menghilang. Seli, teman semejaku, bisa mengeluarkan petir dari telapak tangannya. Dan Ali, si biang kerok sekaligus si genius, bisa berubah menjadi beruang raksasa. Kami bertiga kemudian bertualang ke dunia paralel yang tidak diketahui banyak orang, yang disebut Klan Bumi, Klan Bulan, Klan Matahari, dan Klan Bintang. Kami bertemu tokoh-tokoh hebat. Penduduk klan lain.
Ini petualangan keempat kami. Setelah tiga kali berhasil menyelamatkan dunia paralel dari kehancuran besar, kami harus menyaksikan bahwa kamilah yang melepaskan “musuh besar”-nya. Ini ternyata bukan akhir petualangan, ini justru awal dari semuanya… Buku keempat dari serial “BUMI”
~~~

Kembalinya dari petualangan klan bintang, Raib, Seli, dan Ali membawa kabar buruk. Mereka mengetahui bahwa Sekretaris Dewan kota ingin meruntuhkan pasak bumi. Yang artinya jika pasak bumi tersebut diruntuhkan, maka akan berakibat pada dunia paralel. Hanya kota Zaramaraz yang selamat. Maka, sekembalinya dari Klan bintang mereka segera mengabarkan berita ini kepada Klan Bulan dan Klan Matahari.

Setelah merundingkan hal ini, mereka akan menyusun rencana dan menyimpulkan mereka akan kembali lagi ke Klan Bintang untuk mencari pasak bumi tersebut bersama Miss Selena dan kedua Pasukan terbaik dari Klan Bulan dan Klan Matahari. Namun, mencarinya tidaklah mudah mereka harus berjuang untuk melewati ruangan yang berbahaya yang akan membahayakan nyawa mereka sewaktu-waktu. Mampukah mereka melewati ruangan tersebut? Mampukah mereka menemukan pasak bumi tersebut?

Source: here
"Hidup ini penuh petualangan, Seli, hingga kita menghembuskan napas terakhir. Setiap detiknya berharga, apalagi setiap harinya. Setiap tempat yang kita datangi, setiap orang yang kita temui, kita tidak pernah tahu siapa dan apa yang terjadi berikutnya. Tapi kita bisa melewatinya dengan selalu tulus, berusaha menjadi orang baik"
Akhirnya setelah lama hiatus, aku kembali dengan review salah satu buku seri favoritku, serial Bumi karya Tere Liye. Tahun lalu, aku membaca buku ketiganya, Matahari. Tapi, aku tidak sempat membuat reviewnya karena tidak ada waktunya. Untuk buku keempatnya, lagi-lagi aku terpukau bagaimana jalannya ceritanya, petualangan yang tidak membosankan, dan teori-teori Ali. 

Sama seperti sebelumnya, buku ini ditulis dengan sudut pandang Raib, si tokoh utama. Segalanya diceritakan dengan detail sehingga kita dapat terhanyut dengan dunianya, Klan Bintang. Banyak hal baru yang diumbarkan disini sehingga tidak berhenti membuatku sangat terpukau. Termasuk Ali, si genius dengan teori-teori yang membuat kita berpikir bahwa ini sungguh masuk akal dan sungguh luar biasa. Teori tersebut tidak sulit, mudah sekali dimengerti. Meskipun rumit namun kita dapat memahaminya. Kemudian, pengembangan karakter tokoh ini sangat dijelaskan dengan baik. Terlihat dari karakter Raib yang memiliki beban, Seli yang pesimis dan selalu tegang, Ali yang bawaannya santai. Semuanya akan mengalami pengembangan yang baik sampai akhir buku ini. Ketiganya memiliki ikatan yang kuat dalam buku ini. Dan juga Ali menemukan hal yang baru yang membuatku sangat terkesan.

Klan Bintang digambarkan sebagai klan yang lebih maju dibandingkan klan lainnya. Berbagai teknologi yang dimilikinya ingin membuatku memilikinya seperti baju klan bintang yang menyesuaikan keinginan pemakainya. Dengan sistem keamanan yang kompleks dan tingkat keamanannya tinggi, menjadi poin plusnya dalam cerita petualangan ini. Mengapa? Karena kita juga seolah-olah ikut berpikir dan ikut dalam ceritanya. Selalu dengan jalan keluar yang bahkan sangat mengesankan. 

Alur yang diceritakan pun sebagian besar maju, dengan sedikit flashback di bagian awal ceritanya. Penulis tidak langsung menyuguhkan bagaimana ceritanya berjalan selanjutnya setelah petualangan dibuku sebelumnya yang berakhir open ending. Seiring berjalannya cerita, perlahan misteri-misteri dan pertanyaan-pertanyaan terjawab dengan jawaban yang mengesankan bahkan diluar dugaan. Namun, kurasa beberapa bagian yang mudah tertebak alurnya dan masih meninggalkan pertanyaan dibuku ini. Kurasa itu akan terjawab dibuku selanjutnya. Akan tetapi, itu tidak menjadi masalah, masih banyak yang terjawab dengan diluar dugaan.

Aku tidak akan mereview lebih panjang lagi, kalian harus membeli buku ini dan membacanya. Bahkan harus punya koleksi dari seri ini dari Bumi, Bulan, Matahari, dan Bintang. Covernya pun menjadi poin plus dari buku ini sangat indah. Sayangnya cover buku punyaku tidak match karena cover diganti lagi agar match. Namun yang menjadi poin utamanya adalah ceritanya. Sangat worth it dan tidak akan mengecewakan. Buku ini sangat kurekomendasikan.

Sejauh ini, aku sangat menyukai buku ini dan meskipun sudah di buku keempat, ceritanya pun masih berjalan dengan seru dan tidak membosankan. Bagaimana jalannya ceritanya digambarkan dengan perlahan namun sangat luar biasa. Bagi kalian yang jenuh dengan cerita fantasi yang rumit, kalian bisa membaca buku ini, buku ini sangat mudah dimengerti dan ikatan ketiga tokoh utama, Raib, Seli, dan Ali sangatlah menonjol. Buku ini masih berlanjut, dan aku tidak sabar untuk menunggu kelanjutannya. Happy Reading

Rating:
4.5/5



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...