Rabu, 21 Oktober 2015

[Book Review] P.S. I Still Love You

Judul: P.S. I Still Love You (To All The Boys I've Loved Before #2)
Penulis: Jenny Han
Penerjemah: Airien Kusumawardani
Penerbit: Penerbit Spring
ISBN: 978-602-71505-3-9
Tebal: 356 halaman
Cetakan I, September 2015

Lara Jean tidak mengira akan benar-benar jatuh cinta pada Peter.

Dia dan Peter tadinya hanya berpura-pura.Tapi tiba-tiba saja mereka tidak lagi pura-pura. Sekarang, Lara Jean tambah bingung dengan perasaannya dan juga dengan situasi yang dia hadapi.

Saat seorang pemuda dari masa lalunya tiba-tiba kembali ke dalam kehidupannya, percikan yang pernah dia rasakan pun kembali. Bisakah seorang gadis jatuh cinta pada dua pemuda sekaligus?

Cinta tidak pernah mudah, tapi mungkin itulah yang membuatnya luar biasa.


~~~

Jika surat-surat itu tidak pernah dikirim, keadaan tidak seperti yang terjadi sekarang. Tinggal beberapa hari lagi sekolah akan dimulai dan Lara Jean tidak mengira akan perasaannya kepada Peter Kavinsky. Ia terus memikirkannya semenjak kejadian Natal. Padahal, mereka hanya berpura-pura pada awalnya. Namun, mereka memutuskan bahwa mereka tidak berpura-pura lagi. 
"Kurasa kau boleh menyebutku telat mekar, tapi itu artinya kita semua masuk dalam semacam jadwal mekar yang sudah ditentukan sebelumnya. Tentunya ada cara yang benar atau cara yang salah untuk menjadi remaja enam belas tahun yang jatuh cinta kepada seorang cowok."
"Kenangan itu seharusnya milikku dan Peter, tapi seorang tukang intip berada di hutan itu bersama kami. Kenangan itu bukan lagi hanya milik kami. Sekarang rasanya kenangan itu jadi murahan. Sudah pasti kelihatannya seperti itu."
Sejak itu, kehidupan Lara Jean berjalan normal, berkumpul dengan keluarga, bersama Peter, dll. Hingga suatu hari sebuah masalah muncul, orang-orang memberi kesan negatif tentang hal tersebut dan itu membuat Lara Jean merasa malu.

Di tengah masalah tersebut, kehadiran John Ambrose McClaren membuat Lara Jean semakin bingung atas situasi yang dihadapinya. Bermula dari Lara Jean mendapat balasan dari John, mereka menjadi dekat dan Lara Jean merasa nyaman ketika bersama John. Tidak hanya itu, ternyata munculah konflik yang baru yang membuat rumit.
"Semua terasa seolah akan berlangsung selamanya, tapi sebenarnya tidak. Cinta bisa pergi atau orang-orang bisa pergi, bahkan tanpa bermaksud untuk pergi. Tidak ada yang dijamin tidak akan berubah."
Bagaimana kelanjutan kisah Lara Jean dan hubungannya dengan Peter setelah itu? Perlahan, konflik-konflik muncul, apakah Lara Jean bisa mengatasi hal tersebut?



Saat mendengar bahwa Penerbit Spring akan menerbitkan To All The Boys I've Loved Before, aku tidak ragu-ragu untuk membelinya karena buku tersebut mendapat banyak kesan positif. Dan itu juga berlaku untukku, aku menyukai ceritanya. Setelah ending yang sangat menggantung pada buku pertamanya, aku segera membacanya saat buku ini sudah berada di tanganku. Dan buku ini tidak membuatku kecewa!

Masih seperti buku sebelumnya, ditulis dari sudut pandang Lara Jean yang tentunya membuat kalian ikut merasakan apa yang ia rasakan. Aku rasa karakter Lara Jean sudah mengalami perubahan, yang sebelumnya ia masih gadis tertutup dan dibuku ini ia menjadi gadis yang berani. Tentu saja, hubungan kekeluargaannya masih menonjol, baik dengan Dad maupun antar gadis-gadis Song. Terutama kedekatan antara Lara Jean Song Covey dengan adiknya, Katherine Song Covey yang biasa dipanggil Kitty. Percakapan antara mereka berhasil membuatku tertawa, Kitty ini semakin humoris di buku ini.

Soal tokoh, aku salut dengan sang penulis karena telah menciptakan tokoh yang membuatku terpesona, gregetan, dll. Karakter favoritku pada buku ini adalah Kitty, ia sungguh berubah menjadi semakin dewasa dibandingkan buku pertamanya. Meskipun ia terkadang menyebalkan namun, tingkah lakunya sangat lucu. Kitty dapat membantu dan bahkan berempati kepada Lara Jean disaat sedang susah. Selain itu, ia yang membawa lelucon yang membuatku tertawa saat membacanya. Kemudian ada Dad, meskipun ia tidak banyak muncul namun ia cukup membuatku terkesan atas sikapnya yang selalu mendukung putri-putrinya.

Kemudian tentu saja. ada kehadiran tokoh baru pada buku ini, yaitu John Ambrose McClaren. Tokoh ini hanya disinggung sebentar pada buku sebelumnya. Ketika tokoh ini hadir pada buku ini, aku juga terkesan atas sikap manisnya kepada Lara Jean. Tentunya hal inilah yang membuatku bingung untuk memilih Peter atau John. 

Gaya penulisannya sangat unik! Baik deskripsi maupun dialog, keduanya di deskripsikan seperti analogi. Banyak kalimat-kalimat bagus yang terdapat di dalam buku ini. Hal inilah yang membuatku tambah menyukai buku ini.
"Kalau mereka tidak saling bicara sekarang, bekas luka itu hanya akan mengeras seiring berjalannya waktu, lalu mengapur, dan kemudian mereka akan seperti orang asing yang tidak pernah saling mencintai."
Penulis menciptakan konflik yang membuatku penasaran dari awal halaman, tentunya membuatku membalik halaman dengan cepat. Pada buku ini, aku menyukai alurnya yang terasa ringan sehingga saat membacanya, beban tugas terasa hilang. Selain itu, yang membuatku menyukai buku ini adalah permainan emosinya yang berhasil membuatku turut merasakan apa yang dirasakan tokoh tersebut. Pada buku kedua ini, semua pertanyaanku yang tersimpan dari buku sebelumnya terungkap. Jadi, bagi yang penasaran segera membaca ini untuk mengetahuinya.

Penerjemahannya sangat mudah untuk diikuti dan tidak membingungkan. Memang terdapat banyak istilah yang kurang familier di Indonesia. Namun, tidak perlu khawatir karena sudah terdapat catatan kaki yang membantu pembaca memahami istilah-istilah asing tersebut agar tidak bingung.

Sejauh ini, aku cukup menyukai buku ini dan memberi rating 4.5 bintang. Dan aku berterima kasih kepada Penerbit Spring yang telah mengirimkan buku ini dan memberiku kesempatan untuk menjadi host blog tour. Ayo, ikuti Blog Tour dan Giveaway berhadiah 2 buku P.S. I Still Love You di postingan berikutnya! Psstt.. ada pengumuman tentang buku yang akan diterbitkan oleh Penerbit Spring loh!
"Banyak orang yang keluar masuk di hidupmu. Untuk satu masa, mereka adalah duniamu, mereka segalanya. Lalu suatu hari mereka bukan lagi apa-apa bagimu. Kau tidak bisa tahu seberapa lama mereka akan berada di dekatmu."

Rating:
4.5/5

17 komentar:

  1. Wa novelnya dapet rating 4.5. Jadi makin penasaran dan makin pengin dapat bukunya😁😁😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ceritanya bikin aku penasaran dari awal halaman! hehehe

      Hapus
  2. Kalau dari segi bahasa yang enak dibaca gitu, berarti harus berterima kasih banget sama penerjemahnya nih. ;)

    Duh, buku ini wajib banget dipunya karena nggak akan lengkap kalau nggak dipunya apalagi nggak dibaca. Demi menuntaskan dan menjawab semua pertanyaan di buku sebelumnya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, terjemahannya enak diikuti jadi ketika baca ga dibuat bingung. Wajib banget buat punya buku ini!!

      Hapus
  3. Reviewnya bikin makin penasaran. Hohoho

    BalasHapus
  4. almost perfect ratingnya :D Tpi, kisah yg ditulis JennyHan manis-manis :D

    BalasHapus
  5. Duh ... Baca review kakak aja yang selalu memuji kelebihan novel ini berarti memang harus dimasukkan dalam wishlist nih. Salut buat penerjemahnya. Ini salah satu bukti kakak begitu antusias menyelesaikan novel ini "Penulis menciptakan konflik yang membuatku penasaran dari awal halaman, tentunya membuatku membalik halaman dengan cepat." Fighting untuk reviewnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang pastinya buku ini wajib dimiliki bagi yang suka romance. Makasi banyak, hehe

      Hapus
  6. John itu sosoknya gimana sih, banyak bloghost yang bilang gregetan sama dia.. >_<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, aku juga gregetan sama John, tingkah lakunya bikin meleleh! hehehe

      Hapus
  7. Duh habis baca reviewnya jadi gregetan sendiri. Kayaknya konfliknya makin rumit ya! Duh penasaran :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahkan aku juga gregetan + penasaran setelah baca buku sebelumnya yang cliffhanger.

      Hapus
  8. Udah hampir tau alur gara-gara ada yang bocor spoiler, tapi tetep aja penasaran xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah,maaf banget kl review ini spoiler :( Ayo, segera miliki bukunya, hehe

      Hapus
  9. Wah penasaran dengan sekuelnya. Romansa antara lara jean sama peter yang kali ini bener-bener romantis (sungguhan) bukan bohongan lagi :3 gregeeeet pingin p.s i still love you ada ditangan sekarang hehe

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...