Sabtu, 30 Januari 2016

[Book Review] All Our Yesterday + Guess My Santa

Judul: All Our Yesterdays
Penulis: Cristin Terril
Penerjemah: Maria Lubis
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
ISBN: 978-602-03-1576-8
Tebal: 448 halaman
Cetakan I, 2015
Em dipenjara di pangkalan militer rahasia, ditemani oleh suara seorang pemuda di sel sebelahnya dan lembaran instruksi cara melarikan diri yang ditemukannya di saluran air. Hanya Em yang bisa mencegah terciptanya mesin waktu yang akan menghancurkan dunia. Berkali-kali Em mencoba namun gagal. Kini tinggal satu cara yang belum dicobanya… membunuh sang doktor sadis pencipta mesin waktu.
Marina jatuh cinta pada James, sejak mereka kanak-kanak. James si genius tampan yang pemalu dan berasal dari keluarga terkenal tampaknya juga memiliki perasaan yang sama terhadap Marina. Hingga suatu malam, hidup James yang sempurna berubah jadi malapetaka, juga masa depannya bersama Marina. Dengan berbagai cara Marina bertekad melindungi James. Meskipun itu berarti kehilangan nyawanya sendiri.
Em dan Marina kini berpacu dengan waktu untuk menyelamatkan dunia, dan hanya satu dari mereka yang akan selamat.

 ~~~


Ditemani oleh suara seorang pemuda di penjara sebelah, Em masih memikirkan cara untuk melarikan diri dari penjara tersebut. Peluangnya sangat kecil, serta keamanan penjara tersebut sangatlah ketat. Hanya ada satu alasan Em dan Finn harus keluar dari penjara, yaitu menghentikan sang doktor sebelum membuat kekacauan. Sudah berkali-kali Em telah mencoba menghentikannya namun gagal.

Empat tahun lalu, Marina jatuh cinta kepada James, bahkan dari kanak-kanak. Marina merasa yakin bahwa James memiliki perasaan yang sama terhadapnya. Hingga suatu hari, hidup Marina yang tadinya biasa-biasa saja berubah menjadi kacau. Ia rela mempertaruhkan nyawanya untuk melindungi sahabatnya itu.
Mungkin aku tidak genius dalam bidang sains, tetapi aku merasakan kebenarannnya. Waktu datang  untuk menjemput kami, dan datang dengan cepat. "Kita tak punya banyak waktu."
Kini, Em dan Marina mempertaruhkan nyawanya masing-masing demi menyelamatkan dunia dan hanya satu dari merekalah yang akan selamat


Sudah lama aku tidak membaca buku dengan tema time travel. Dan ini pertama kalinya aku membaca karya Cristin Terril. Kabarnya buku ini merupakan debutnya dan harus kuakui aku cukup menyukai karya ini. Dengan alurnya yang cepat dan membuat pembaca dikuasai oleh rasa penasaran!

Dituliskan menggunakan 2 sudut pandang baik, Em dan Marina. Melalui keduanya kita bisa merasakan perbedaan karakter satu sama lain. Baik rasa keputusasaan. takut, dendam, itu semua bisa pembaca rasakan. Soal karakter aku cukup menyukai Em dibandingkan Marina karena kurasa karakter Marina masih kurang cocok denganku. Namun, aku dapat memakluminya karena Marina ini masih remaja sehingga pikirannya masih labil. 

Kemudian ada alur. Pergerakan alur yang cepatlah yang membuatku tidak menyadari bahwa aku sudah dengan cepat membalikkan halaman. Tampaknya sang penulis tidak ingin ceritanya berjalan secara perlahan, atau bisa dibilang konfliknya langsung to the point. Tidak hanya itu, penulis menciptakan alur yang tidak terduga bahkan membuat pembaca turut memainkan otaknya, alias pembaca disuruh menebak-nebak apa yang terjadi selanjutnya. Meskipun, aku dapat menebak-nebak alurnya, aku tetap terkagum akan penjelasan latar belakangnya, Penulis seolah-olah mengajak kita berpetualangan dengan waktu bersama Em dan Marina.

Pendeskripsiannya cukup membuat pembaca turut merasakan apa yang dirasakan oleh karakter tersebut. Selain itu, banyak adengan laga atau action yang membuatku seperti menonton film di imajinasiku saat membaca. Kadang kalanya, aku merasa jenuh dengan pendeskripsian adengan laga, seperti yang pernah ku bilang sebelumnya aku biasanya kurang suka atau terkadang bosan dengan adengan laga. Terlepas dari itu semua, aku tetap menikmati alurnya yang cepat.

Secara keseluruhan, aku cukup menyukai buku ini dengan berbagai twist atau ending bergantung pada setiap akhir bab, sehingga aku dikalahkan oleh rasa penasaran dan terus membalik halaman demi halaman.

Rating:
4/5

_______________________________________________________________________________

Who is My Santa?

Halo semuanya! Wah, baru masuk awal tahun tiba-tiba sudah mau memasukki Februari, nih. Waktu telah berjalan dengan cepat! Seperti yang sudah diketahui, bahwa hari ini adalah waktunya posting bareng tentang review buku yang kudapat dari event Secret Santa 2015 dan menebak siapa Santaku. 

Yah, memang aku sempat bengong liat riddle santa dan sempat putus asa . Sampai akhirnya aku blogwalking dengan harapan dapat menemukan siapa santaku hehehe. Aku post ulang riddlenya lagi ya.


Hi, there
It's just me, your beloved Santa
We probably have never met before
We probably have never come across anywhere
but here, in this event :D

You probably need to drop where I live
a place which I set up in 2012
a place where I can chat with friends virtually
a place of thoughts and emotion

As soon as you drop by ,
you would be greeted with Alexander Graham Bell invention
It's related to Queen Elizabeth's country
Wishing you a happy reading

Your beloved Santa











Hingga beberapa lama setelah aku tinggal karena tugas sekolah yang bejibunnn, akhirnya aku mendapat waktu luang yang kupakai untuk mencari santaku. Inilah caraku memecahkannya hingga aku yakin mungkin ini santaku.
  1. Pada paragraf kedua Santa menyebutkan tahun 2012 dimana ia bisa chat secara virtual. Aku mikirnya mungkin ini tahun dimana ia memulai postingan di blognya. Lalu, aku cari blog yang memulai postingan di tahun 2012 dan mendapat beberapa dugaan. (Aku lupa dimana aku menyimpan kertas yang berisi dugaanku)
  2. Kemudian, Santa juga menuliskan ketika sudah tiba di blognya aku akan dijumpai dengan penemuan Alexander Graham Bell, yaitu telepon. Selain itu, ada kaitannya dengan negaranya Ratu Elizabeth, yaitu Inggris. Maka, aku cari-cari, klik semua link peserta blog. Sampai akhirnya aku menemukan blog dengan wallpaper dengan gambar box telepon.  Yah, aku mungkin tidak yakin, mungkin tebakanku salah. Namun aku tidak punya banyak waktu untuk mencari tahu, hiks. Inilah santaku:
Lila 
justaveragereader.blogspot.co.id

Semoga tebakankku benar, yah. Sekali lagi aku mengucapkan Terima Kasih atas bukunya! 

21 komentar:

  1. Kayaknya ini buku bagus.
    btw, semoga tebakannya bener ya mbak Nes :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukunya bagus kok, ayoo dibacaa bukunya! hehe

      Hapus
  2. hohohoho, itu owl-nya tjakep ih #gagalfokus
    Btw semoga tebakannya benar ^^

    BalasHapus
  3. hohohoho, itu owl-nya tjakep ih #gagalfokus
    Btw semoga tebakannya benar ^^

    BalasHapus
  4. kovernya cakep banget yaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih, aku sampai kira kalo itu buku romance tau-taunya time travel, hehe

      Hapus
  5. Aku pikir awalnya ini karya lokal :)), soalnya ngga berasa terjemahan sih kalau dari kavernya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama kak, aku juga ngira gitu sama ngira kalo buku ini buku romance juga hehehe

      Hapus
  6. aku baru tau ada buku iniii... masuknya YA ya? aku mayan suka cerita2 time travel hehe.. semoga tebakannya bener ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya masuk YA, hehehe ayo dibaca bukunya :D

      Hapus
  7. Ternyata bukunya menarik *masukin wl*

    BalasHapus
    Balasan
    1. menarik dongg hehehe, segera dibeli yakk hehehe

      Hapus
  8. Halo, Neskia..

    Iya, benerr... aku Santa mu.. Ih, seneng deh akhirnya ada yang bisa mecahin riddle ku yang cuma segitu ja. Tahun lalu dan tahun lalu lagi pada gagal tuh mecahin riddle-ku hahaha... Salut deh kamu nelusuri satu2 blog sambil liat satu2 kapan tuh blog dibikin. emang sengaja sih, iar sering2 blogwalking gitu... #disambit... :D

    Aku juga dapat buku ini loo dari Santakuuu... Tapi belum dibaca, baru buku satunya. Iya, aku dapat DUA buku dari Santaku... #joged2... Semoga aku segera baca bukunya ah... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo juga! Kyaaa senengnyaaaaa. Sempet hopeless liat riddlenya kak. Waktu itu pernah ke blogmu dan aku gatau atau tepatnya ga nyadar kalo km santaku *malunyaaa*

      Wah, ngirim buku ini ke targetnya kemudian dapet buku ini juga hahaha... Ayo segera dibaca yahh! :D

      Hapus
  9. Ohh...ini buku terjemahan ? Aku kira novel karya asli (terpengaruh desain sampul), sperti menarik, masukin wishlist deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya buku terjemahan.. sama aku juga ngira lokal, pas liat goodreads ternyata terjemahan. ayoo segera dibeli dan dibaca hehehe

      Hapus
  10. Itu gimana ceritanya Santanya kak Neskia dapet buku yang sama XD Aku pesen buku ini desember lalu tapi bukan buat aku. Pas aku liat covernya, kukira buku romance. Pas tahu buku fantasy, nyesel kenapa gak beli dua -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha ga diduga yak... wah, sayang bangett aku juga ngira ini buku romance hehehe. nanti dibeli lagi yaakk XP

      Hapus
  11. Balasan
    1. Heheheh, ayoo dibeli dongg bukunyaa :D

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...