Minggu, 31 Januari 2016

My Reading Challenge 2016

Source: here, edited by me

Halo semuanya! Semoga tidak telat ya bikin postingan ini, hehehe. Mumpung masih awal tahun, aku berencana untuk lebih produktif dalam membaca pada tahun ini. Untuk itu, aku berencana mengikuti beberapa reading challenge untuk mendorongku lebih semangat membaca buku. Berikut adalah reading challenge yang aku ikuti:

1. Fantasy, Science-Fiction, Dystopia Reading Challenge 2016


Host: Raafi (Ough My Books!)
Rulesnya cukup mudah! Tinggal baca buku bergenre fantasy, sci-fi, dan Dystopia. Berikut adalah rulesnya:
  1. FSFD-RC 2016 berlangsung dari 10 Januari 2016 - 10 Januari 2017 (tepat satu tahun). Buku-buku yang dihitung di dalamnya hanyalan yang dibaca pada periode tersebut.
  2. Kamu tidak perlu mempunyai blog untuk ikutan FSFD-RC 2016. Tetapi harus membuatreview dari buku yang dibaca.
  3. Harus memiliki media untuk mengepos review, baik itu blog, akun Facebook melalui fitur "Notes", akun Goodreads, atau yang lainnya.
  4. Buku yang dibaca merupakan genre fantasi, fiksi ilmiah, dan distopia tanpa batasan subgenre. Selengkapnya bisa baca di sini.
  5. Buku yang dibaca boleh dalam bentuk fisik (paperback) dan digital (e-book).
  6. Mendaftarkan dirimu melalui formulir yang disediakan di sini
Jika merasa terlalu mudah, ada kategori-kategori yang bisa dibabat selama satu tahun. Berikut kategori-kategorinya beserta nomor kategori:
  • [0] Uncategorized - Kategori paling mudah! Baca buku yang tidak termasuk dalam kelima kategori di bawah ini.
  • [1] Before 50s - Baca buku yang terbit sebelum tahun 50-an. 50-an berarti tahun 1959 masih termasuk kategori ini. Klasik? Kenapa tidak?
  • [2] Stand Alone - Baca buku yang tidak memiliki sekuel atau berdiri sendiri. Kebanyakan buku-buku bergenre ini kan berseri.
  • [3] After 2010 - Baca buku yang terbit pada tahun 2010 dan setelahnya. Sepertinya ini juga termasuk kategori mudah.
  • [4] Movie to Release - Menunggu film yang akan tayang tahun ini? Bagaimana kalau membaca bukunya dahulu? Baca buku yang filmnya akan tayang tahun ini!
  • [5] Crunchy Pillow - Baca buku dengan ketebalan lebih dari 500 halaman. Yakinlah kamu pasti bisa!
Baca selengkapnya di sini

2. Projek Baca Buku Cetak 2016


Host: Ren (Ren's Little Corner)
Target: 50 buku

Selain itu, aku ingin mengikuti RC lainnya yaitu Project Baca Buku Cetak. Harus kuakui aku memang tidak menyukai e-book dan ada timbunan yang menumpuk. Jadi, aku ingin membabat timbunanku sekaligus mendorong semangatku untuk membaca buku dalam bentuk fisik.

Rulesnya juga cukup mudah:
1. Tentukan target baca buku cetak dalam setahun ini. Saya berusaha realistis dengan hanya baca 30 buku cetak saja :').
2. Harus buku cetak dan ngga boleh e-book. Kan tujuan project ini buat ngehabisin timbunan paperbacknya XD. Genre dan jumlah halaman sih terserah teman - teman, baik fiksi ataupun nonfiksi, cerpen ataupun buku bantal, terjemahan maupun import. Gimana dengan komik? Karena komik masuk buku cetak juga (bukan yang dibaca online loh), maka boleh lho dimasukkan ke reading progress project ini. Asal jangan baca majalah atau tabloid ya :P
3. Tidak harus mereview buku - buku yang telah dibaca di blognya atau di akun Goodreads. Soalnya saya sendiri kadang suka males juga review XD.
4. Bikin post di blognya tentang project ini, isinya adalah berapa buku cetak yang akan teman - teman baca selama tahun 2016. Kalian ngga perlu ngelist buku apa aja yang mau dibaca, tapi silakan aja jika ingin membuat listnya.
5. Ga punya blog? Gapapa kok. Bisa bikin shelf khusus untuk project ini di Goodreadsnya atau bikin notes khusus di FB/Tumblr
6. Biar makin asyik, share juga kemajuan teman - teman dalam Project Baca Buku Cetak ini di sosmed semacam Twitter, Path, Google+, FB, Instagram, dll dsb. Bisa pakai hashtag #BacaBukuCetak 


Selengkapnya baca di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...