Rabu, 21 Oktober 2015

[Blog Tour] Giveaway P.S. I Still Love You


Halo semuanya! Sudah membaca buku To All The Boys I've Loved Before tetapi belum memiliki buku keduanya? Nah, pada kesempatan kali ini aku berpatisipasi dalam Blog Tour sekaligus mengadakan Giveaway berhadiah 1 buku P.S. I Still Love You untuk 2 pemenang. Blog Tour ini berlangsung pada tanggal 15 Oktober-10 November 2015.  Ada info mengenai buku selanjutnya yang akan diterbitkan oleh Penerbit Spring, loh.

GIVEAWAY!

1. Giveaway ini berlangsung selama 2 minggu, yaitu pada tanggal 21 Oktober - 4 November 2015.
2. Peserta berdomisili di wilayah Indonesia.
3. Follow blog ini via Google Friend Connect (GFC)
4. Follow akun twitter @neskia_andyni dan @PenerbitSpring
5. Promosikan Giveaway atau Blog Tour ini melalui twitter (mention aku juga, ya hehe) 
6. Pemenang Giveaway akan diumumkan pada tanggal 11 November 2015 (pada saat event selesai)
7. Jika ada pemenang double dari berbeda host, maka host berhak untuk mengundi ulang.
8. Pemenang harus mengonfirmasi selambat-lambatnya 48 jam dari pengumuman pemenang, jika tidak mengonfirmasi maka aku akan memilih pemenang baru.

Giveaway ini berhadiah 1 buku P.S. I Still Love You untuk 2 pemenang. Untuk mengikuti Giveaway ini caranya mudah! Jawab saja pertanyaan berikut ini.

Di buku P.S. I Still Love You Lara Jean memiliki permainan masa kecil yang dimainkan oleh teman-temannya, yaitu permainan Assasins. 
"Apa permainan masa kecil kalian yang berkesan bagi kalian? (Sebutkan alasannya juga, ya)."
Tuliskan jawabanmu beserta dengan nama, email, akun twitter dan link tweet info Blog Tour ini dibagian kolom komentar.

Belum selesai, loh. Masih ada Kuis Finale yang diadakan penerbit spring! 


KUIS FINALE!

Kuis Finale ini berhadiah:
1. Novel P.S. I Still Love You
2. Paket Emerald Green Label.
Untuk mengikuti Kuis Finale ini, caranya cukup mudah, yaitu:
  1. Kamu harus mengikuti Blog Tour P.S. I Still Love You dari awal sampai akhir.
  2. Di setiap akhir postingan blog dari para blogger ini, akan menyediakan pertanyaan yang berhubungan dengan buku To All The Boys I’ve Loved Before.
  3. Kamu harus mengumpulkan jawaban dari setiap blog dan susun jawabanmu ke dalam satu image.
  4. Post  jawaban kamu di wall fanpage Spring, sertakan kesan-kesan kamu terhadap Blog Tour P.S. I Still Love You.
Berikut ini adalah pertanyaan untuk Kuis Finale:


Daftar host Blog Tour lainnya:


Good Luck!!

Ahh! Kalian tahu penulis Rainbow Rowell? Ada kabar baik buat kalian, loh! Buku selanjutnya yang akan diterbitkan oleh Penerbit Spring adalah: Attachments by Rainbow Rowell!!


Ayo, bantu Penerbit Spring vote untuk cover Attachments disini !!

31 komentar:

  1. Nama : Safitri Ariyanti
    Email: safitriariyanti@gmail.com
    Twitter : @safitriariyanti
    Link tweet: https://twitter.com/safitriariyanti/status/656711423989407744

    Jawaban: Wah permainan masa kecil sebenarnya semuanya berkesan bagiku karena sampai sekarang permainan-permainan itu selalu kurindukan untuk dilakukan lagi. Mungkin sebenarnya rindu masa kecil ding. Kalau harus memilih mana yang paling berkesan, saya akan menyebutkan kasti dan BP (yang kertas potongan gambar perempuan beserta potongan gambar baju-bajunya). Entah kenapa saya nggak bisa milih diantara keduanya. Alasan saya, kasti itu permainan yang menyenangkan, mempertemukanku dengan banyak teman-teman. Kasti juga butuh ketangkasan, keakuratan, ketepatan melempar bola serta kekompakan bagi kelompok yang jaga. Tanpa ketangkasan pemukul, permainan nggak akan jalan karena pasti bakal keembat bola terus-terusan. Hasilnya cuma gonta-ganti antara yang jaga dan pemukul. Permainan nggak akan seru kalau cuma begitu. Tanpa keakuratan dan ketepatan melempar bola, pemukul akan sering gagal memukul bola karena pukulan nggak akan tepat sasaran jika bola yang dilemparkan melenceng dari arah yang seharusnya. Dan tanpa kekompakan dari kelompok yang jaga, bisa-bisa mereka jaga terus dan nggak bakalan jadi pemukulnya. Intinya, permainan ini menurutku berkesan karena butuh keahlian dan bisa mempertemukanku dengan hampir semua teman dikampungku.
    Dan alasan kenapa BP, karena BP mengingatkanku pada impian-impianku sewaktu masih kecil dulu. Ketika bermain BP, aku pasti membuat skenario bahwa rumahku bagus, pacarku tampan, mobil keren dan baju-baju yang modis. Betapa lucunya mengingat saat masih kecil dulu sudah memimpikan hal-hal seperti itu.

    BalasHapus
  2. Nama : Lusi Gusma Ningsi
    Email : uchylusiy@gmail.com
    Twitter : @uchylusiy
    Link Tweet : https://twitter.com/uchylusiy/status/656792842770104321

    "Apa permainan masa kecil kalian yang berkesan bagi kalian? (Sebutkan alasannya juga, ya)."

    Ada yang masih ingat sama permainan congklak gak sih?
    Dari semua permainan masa kecil, aku memilih permainan dengan congklak yang paling berkesan..
    Ayah sengaja bikin congklak agar aku bisa main dengan adik2 tetangga. Congklak itu di bikin dari kayu dengan bentuk hampir menyerupai kapal dengan lubang yang dibikin besar dan sedikit dalam karena buah yang digunakan untuk bermain congklak waktu itu kelereng. hihi
    bayangin aja, kami sampai memegang buah kelereng yang sudah menggunung di congklak karena sudah tidak muat lagi di dalam lubang congklak itu.
    Sekarang, aku hampir tidak pernah melihat adik-adik ku dan anak-anak yang lain bermain congklak. anak2 jaman sekarang permainan nya udah pada canggih, smartphone, tablet, komputer, laptop. huuufft

    BalasHapus
  3. Nama :Cynthia
    Akun twitter: @vivicynthia
    Alamat email: cynthiaaprilia.kimkim@gmail.com
    Link: http://Twitter/@vivicynthia
    Monopoli.bermain bersama keluarga maupun teman.melatih cara menghitung,berstrategi,maupu melatih kesabaran menungggu gilIran/keluar Dr penjara.merasakan kebersamaan dlm permainan.kejujuranpun perlu.makasih ^_^

    BalasHapus
  4. Nama: Aya Murning
    Email: ayamurning@gmail.com
    Twitter: @murniaya
    Link share: https://twitter.com/murniaya/status/657075658682601474

    Main ekar/kelereng/gundu.
    Sama aja ini, cuma beda sebutan. Tapi lazimnya masyarakat Indonesia lebih mengenalnya dengan gundu. Permainan ini lebih lekat dengan permainan anak lelaki dibanding perempuan, tapi saya suka dan nggak sungkan main ini meski kadang saya sendiri yang perempuan di situ. Main ekarnya musti di tanah kotor-kotoran nggak masalah yang penting bisa bawa pulang banyak ekar. Kalo kata iklan, "berani kotor itu baik!" Kalau menang banyak, ekarnya bisa dijualin lagi ke temen-temen yang ekarnya udah pada habis, lalu saya bisa dapat duit deeeh. XD

    Main sama anak lelaki lebih seru dan asyik karena mereka nggak ada yang baper atau pake acara nangis-nangisan, ngambek-ngambekan, terus jadi musuh-musuhan kalau ada yang nggak terima kalahan mulu. Nggak kayak sama anak cewek yang kebanyakan pada sensi. Kalau keseringan kalah malah langsung mau berhenti aja. Payah... :P

    Kalau diingat-ingat, kayaknya cuma melalui permainan gundu ini saya bisa punya banyak teman lelaki. Selebihnya di permainan dakocan, buaya-buayaan, yeye (loncat tali), cak ingkling (engklek), pantak lele (nangkep tongkat yang dipukul jauh), ambulan (tos pake poster kecil), tungkupan (hide & seek), orek'an (run & catch), dan lain-lain itu rata-rata pada sama cewek.

    Oleh karena itu, saya memilih permainan gundu jadi permainan masa kecil yang berkesan buat saya. ;)

    BalasHapus
  5. Nama : Naning Pratiwi
    Twitter : @chelseas_lovers
    Email : chelseas_lovers83@yahoo.com
    Link Share : https://twitter.com/chelseas_lovers/status/657104833090973696

    "Apa permainan masa kecil kalian yang berkesan bagi kalian? (Sebutkan alasannya juga, ya)."

    Sepak bola lah.... Best game ever itu. Hihihi..
    Selain karena cewek yang harusnya mainan boneka, tapi aku lebih menyukai sepak bola, layang-layang, kelereng, atau apapun yang menguras energi, panas-panasan dan sam anak-anak cowok yang rame.
    Nggak ada kesan yang wah ya. Tiap moment masa kecil itu keren. Akan selalu membekas di hati. Ihuuuu... Hihihihi...
    Alasannya sih mungkin selain rame, kalau main sama anak cowok itu selain rame, mereka nggak gampang ngeluh. Hihihi.. Bukannya apa ya, kalau anak cewek mah capek dikit udah minta berhenti. Hihi.. Terus gampang nangis deh. Hihi..

    BalasHapus
  6. Nama : Ficha Ranjani
    Twitter : @srificha
    Email : ficha.ranjani98@gmail.com
    Link Share : https://twitter.com/Srificha/status/657128138665668608

    Permainan yang paling berkesan itu waktu aku masih sekolah dasar, aku sebut itu sih permainan sambung gambar. Menjelang lulus aku iseng buat gambar wajah-wajah temen sekelasku pas yang lainnya lagi sibuk piket. Aku bikin gambar wajah temen aku yang nyebelin banget di kelas, terus temanku yang lagi liatin aku menggambar ikut nimbrung bareng aku sambli menggambar bebas. Setelah pada selesai piket teman-temanku yang lain pada ikutan juga deh. Hasil gambarnya cukup kacau tapi kita semua malah ketawa-ketawa sendiri lihat hasil gambar yang dibikin kertas HVS itu. Ada yang cuma gambar gunung sama sawah, ada yang gambar orang berkepala nanas, dan gambar benda-benda kesukaan.
    Kocak aja gitu kalau dilihatnya. Begitu lulus gambar itu disimpan sama salah seorang temenku, kami nggak pernah bertemu lagi karena pisah sekolah. Seandainya kalau kami ada reuni kuharap sih kami bisa bikin games lain yang nggak kalah seru buat ngingatin kami tentang masa sekolah kami dulu.

    BalasHapus
  7. Nama: Ridho Maulana Dirgantara
    Email: Dirgantararidhomaulana@gmail.com
    Twitter: @Ridhodirgan
    Facebook: DirgantaraMaulana
    Kota Domisili: Bandung
    Link https://twitter.com/RidhoDirgan

    Yang paling berkesan itu permainan penggaris, dimana kita meletakkan dua buah sedotan yang dikasih jarak beberapa lantai yang berguna untuk dilompati. Jika landasan tempat berhenti melompat, kita kalah. inti dari permainan ini adalah segala rintangan yang sulit dan mudah juga harus dilewati tanpa mengenal alasan apapun.

    BalasHapus
  8. nama: Adriani Febrina
    Email: orizuka414@gmail.com
    Twitter: @FebrinaAdriani
    facebook: odri_febri
    KOta domisili: Aceh(NAD)
    link: https://twitter.com/FebrinaAdriani/status/656743686944911360

    "Apa permainan masa kecil kalian yang berkesan bagi kalian? (Sebutkan alasannya juga, ya)."

    permainan masa kecil yg paling berkesan ituu Monopoli. yap! kenapa? jawabannya aku masih ingat, dulu aku dan kedua abngku pernah main Monopoli ini dari jam 6 sore sampai jam 12 malam :D. Kami bermain hingga lupa waktu, sehingga ketika semua negara sudah terhuni, kami memutuskan siapa yg pertama bangkrut dia kalah. sudah pastiii... karna aku paling muda( waktu itu sekitr umur 7 tahun) dan belum tahu banyak akhirnya aku kalah dan harus memberskan monopoli yg berserakan dilantai itu :'D

    sekarang kami jarang bertemu, karna abng-angku sudah kuliah dan merantau dikota orng :'D (plis jngan curhat) jadii.. so pasti kenangan itu yang paling aku ingat sampai saat ini

    BalasHapus
  9. Nama : Sandra Febry Adriani
    Email : littlesaengie@gmail.com
    Twitter : @sandrafaa
    Fb: sandra febry adriani
    Domisili: Padang
    Link : https://mobile.twitter.com/sandrafaa/status/657377841567260672?p=v

    Permainan masa kecil ituuu main layang-layang!! Saat kecil aku tinggal di desa yang iinnndaah banget. Jadii di belakang tempok pembatas rumah aku ada sawah yang luass.. Maka setiap musim layang-layang aku bareng adik aku yg selisih 2 tahun pergi ke sawah itu. Caranya ya manjat tembok biar ga ketahuan. Layang"nya dibuat lohh, pakai buluh bambu, gede banget. Dibuatin ayah aku sm adik aku. Terus walaupun aku perempuan, cuma aku satu"nya perempuan disana. Rela deh panas"an, dan keiteman ehehhe. Ga cuma itu mama ngomel" kalo kaki aku penuh dengan luka lecet karena kesait tanaman padi. Aku mah ga dengar, main aja walaupun itu jam 12 siang hohohohoho.
    Pokoknya main layangan asyik banget, selain itu aku waktu kecil masternya kelereng loh hohoho

    BalasHapus
  10. Nama: Lala
    Email: fabizdihar@gmail.com
    Akun Twitter: @fazidaa_
    Link tweet info blog tour: https://mobile.twitter.com/fazidaa_/status/657920639546732545
    Jawaban:
    Banyak sih yang aku mainin dulu. Mulai dari barbie, sepak bola, manjat tebing batu, perosotan dari gundukan tanah yang tinggi, manjat pohon, nongkrong di samping got sama rumput ilalang. Beuh, udah kayak apa aku dulu. Tapi yang paling berkesan sih buatku ya permainan karet. Kenapa? Karena dulu yang paling populer dan sering dimainkan aku dan geng ku. Saking sukanya, setiap sore sampai magrib aku pasti main dulu. Karena semakin ketagihan, skill-ku dalam bermain karet juga semakin bertambah, yang tadinya cuma bisa lompat sebatas dada, jadi bisa se jengkal di atas kepala. Cuma sayangnya aku belum bisa sampe merdeka :( Nah yang bikin berkesan (walau kesannya miris sih) Gara-gara terlalu suka main karet (dan masih kecil) aku jadi menganggap semua tali yang lagi terpasang itu bisa dilompatin. Karena itu aku sampe ngelompatin net bulu tangkis karena aku pikir aku udah jago lompatin setinggi itu doang. Aku ngga tau kalo tali net itu ngga lentur dan lembut kayak karet. Alhasil bibirku jadi jontor, gigiku copot dua (untung masih gigi susu), daguku sobek dan dapet 3 jahitan. Dan gigiku jadi berantakan permanen gara2 dua gigi tetap ku yang bagian depan jadi goyang dan ngga berada di posisi yang seharusnya selama beberapa tahun, aku jadi anak yang pemalu, malu ngomong, ketawa ngga bebas, karena ngga pede sama gigiku yang berantakan dan akhirnya jadi pake behel :( Setelah peristiwa itu, aku agak trauma main karet, takut kenapa2 (padahal dulu ngga pernah jatoh mau lompat setinggi apapun, kaki telanjang kena aspal dan batu ngga jadi masalah). Tapi hikmah dari kejadian itu, aku jadi tau kalau ngga baik menyukai sesuatu terlalu berlebihan. Setelah gede, aku jadi kangen banget mau main karet, rasanya pengen nostalgia tapi kan harus inget umur juga dan temen2 ngga mungkin ada yang mau main xD Sekarang permainan itu kayaknya udah ngga dimainin lagi sama anak kecil, miris banget liatnya. Seharusnya mereka sempet nyobain main itu, seharusnya mereka bisa senyum dan tertawa lepas saat main itu, seharusnya mereka bisa ngerasain keseruan lompat2in karet, merasa jago kalo bisa lompat tinggi dan jadi pemenang. Seharusnya, sih, tapi mereka lebih suka main gadget.. :(

    BalasHapus
  11. Nama: pramestya
    Twitter: @p_ambangsari
    Email: pramestya23@gmail.com
    Link: https://twitter.com/p_ambangsari/status/657988117916315648

    Tamagochi. Dulu sering banget main ini sama kakak kalau lagi akur. Saking perhatiannya sama makhluk2 didalamnya, pernah suatu malam dibangunin kakak cuma gara gara tamagochinya mau makan sama bertelur!! Terpaksa bangun terus ngecek benda kecil berbentuk telur warnah merah itu.
    Pokoknya ini beneran permainan masa kecil yang imut banget.

    Ada lainnya lagi, kayak monopoli, gamebot/gimbot/game watch entah apa nama aslinya tapi aku manggilnya "gembot", yang lainnya itu dakon (bahasa indonesianya apa ya?)
    Dulu kalau main dakon pasti aku kalah, terus ngambek, maunya main sendiri biar menang padahal dakon itu dibuat untuk dimainkan 2 orang. Karena sebel kalah terus, aku merengek ke ibuku minta dibeliin sendiri. Akhirnya aku punya dakon sendiri terus kakakku juga punya sendiri. Kita kadang main bareng pakai punyaku, kadang juga maib pakai punya kakak, kadang juga aku maib sendiri terus menangin sendiri -_-
    Permainan masa kecil itu sangat aku sukai soalnya jaman sekarang jarang ada, aku jadinngerasa orang dulu. Tapi aku seneng punya pengalaman kayak gitu, mengingatkanku akan kakakku yang sering nggak nggak akur sama aku.

    Sebenerbya adaa yang lainnya sih tapi segini aja, entar kebaperan padahal baca novelnya aja belum ehh udah baper dulu. -_-

    BalasHapus
  12. nama: Karisma
    email: karismacahya21@gmail.com
    akun twitter: @cizma2
    link tweet info Blog Tour: https://twitter.com/cizma2/status/658175998031060992

    adalah permainan bentengan. karena pasti akan ramai apalagi jika dilakukan malam hari dan kadang selalu mendapat teguran dari warga sekitar atas keributan yang dihasilkan. juga dulu berpikiran itu sebuah permainan yang menguntungkan untuk si gendut krn akan melakukan orlah raga secara tidak langsung krn permainan ini dilakukan dengan cara berlari kesana sini mengejar satu sama lain dan menangkap musuhnya.

    BalasHapus
  13. Nama: Evita
    twitter: @evitta_mf
    email: evita.mf27@ymail.com
    link tweet: https://twitter.com/evitta_mf/status/658351057148362752

    Q: Apa permainan masa kecil yang paling berkesan?
    Waaaaaaah permainan masa kecilku banyak sekali yang berkesan. banyak sekali sampai-sampai aku bingung mau nyebutin yang mana. kalau anak-anak jaman sekarang dimanjakan dengan berbagai permainan gadget, PS, maupun game-online, tapi anak-anak yang lahir tahun 90an pasti merasakan rasanya bermain permainan tradisional.
    Oke, aku mulai sebutin satu-satu permainan yang paling membuatku terkesan. yang pertama yaitu BP-BP, taukan apa itu BP. mainan yang terbuat dari kertas ini selalu aku mainkan setiap pulang dari sekolah. walaupun mamaku pasti marah-marah kalau uang jajanku buat beli mainan ini. biasanya aku main dengan anak tetangga yang seumuran. Di teras rumah kami mengeluarkan berbagai peralatan lalu menyusunnya mnjadi rumah, seolah-olah itu adalah rumah si boneka kertas tersebut.
    Yang kedua aku suka banget main masak-masakan. Peralatan masak milikku dulu banyak sekali, mulai dari kompor, panci, penggorengan, piring, gelas dan lain-lain. yaaaah.. walaupun setelah dewasa aku malah nggak suka banget sama yang namanya masak-masakan... haha XD
    hah rasanya udah lama sekali tidak bermain-main seperti itu... masa kecil dengan berbagai permainan menarik... btw thanks sekali sudah membuat aku bernostalgia dengan ikut GA ini ^^

    BalasHapus
  14. Nama: Putri Prama Ananta
    email: anantaprama@yahoo.co.id
    Twitter: @PutriPramaa
    Link share: https://mobile.twitter.com/PutriPramaa/status/658273731060494336?p=v

    "Apa permainan masa kecil kalian yang berkesan bagi kalian? (Sebutkan alasannya juga, ya)."

    Gobak sodor. Itu adalah permainan favorit aku. Kenapa? Karena gobak sodor itu asyik banget, kita diajarkan cara menjaga pertahanan sekaligus mengatur strategi dan berkomunikasi dengan teman-teman. Waktu aku kecil, dari jam setengah dua sampai setengah empat aku mengaji di madrasah diniyah, jadi sepulang dari itu aku kembali lagi ke depan langgar bareng teman-teman untuk main gobak sodor di sana. Aku bareng teman-teman bakal beli es lilin di rumah guru mengajiku, masih lanjut gila-gilaannya, plastik es lilinnya bakal dibikin balon buat gede-gedean! Pokoknya seru banget deh.
    Selain itu, aku juga suka main jual-jualan. Jadi, ada yang jadi pembei dan penjual. Dagangannya dibuat dari pelepah pisang atau kue tanah. Duitnya pakai daun, semakin gede daunnya semakin besar nilai duitnya. Biasanya, kita rebutan duit yang gedhe, disimpen di tempat tersembunyi takut ada yang ngambil. Kocak deh!
    Permainan masa kecilku ngajarin jadi pedagang dan pengatur strategi. Hohoho!

    BalasHapus
  15. Nama: Anggita Dewi
    email: ravinaanggita@gmail.com
    Twitter: @Anggitarav
    Link share: https://twitter.com/Anggitarav/status/658892651391877120

    "Apa permainan masa kecil kalian yang berkesan bagi kalian? (Sebutkan alasannya juga, ya)."
    Jawaban:

    "Pipopipo labalaba sesedo samanado antereantere pipo! Ibu beli telor, telornya pecah satu"
    permainan dengan nama terpanjang tapi mainannya gitu-gitu aja pake tangan :P tapi asyikin sih. bikin tekeliwai hehe
    Permainan yang berkesan menurut aku sih dan ngga ada di play store dan google apps:
    1) TEKONG.
    permainan yang cuman butuh lapangan petak kecil atau bisa juga jalanan be-aspal dan dibuat kotak. min. 4orang lah yang main biar seru. dan peralatan yang dibutuhkan itu kayu/batu/sandal. tapi biar makin greget sih pake batu, dan itu bentuknya ngga rata semua biar makin susah. nah habis itu kita pilih orang yang jagain itu kayu/batu/sandal yang digunain. pokoknya dia harus nyusun, dan jangan sampai jatuh. kalo kayu harus diberdiriin dan dibuat bentuk kerucut. setelah itu yang dibutuhin strategi dan kerja sama tentunya. strategi dibutuhin biar kita bisa jatuhin itu benda. dan kerja sama, karena kita harus sembunyi, jadi taktik tempat persembunyian harus digunakan. yang jelas dipermainan ini yang paling kasian yang jaga haha :D baru yang paling bikin greget saat kita yang sembunyi tanpa dosa, ngehancurin dan teriak "TEKONG!" dan semua yang sembunyi langsung keluaran baru ikut ngehancurin. ada juga namanya permainan "Cina Boy" tapi itu pake kaleng bedanya.
    2) Kil-kilan
    kalo yang ini, permainan cewek dan harus 4 orang. 2 yang main dan 2-nya lagi yang harus pasang jengkalnya buat dilompatin sama yang main. pokoknya sampe tinggi sepinggul. dan kalo yang main masih bisa lompatin, baru diganti, bukan jengkal lagi tapi antar tangan. yah pokoknya ini zaman banget sama anak sd lah. suka lompat-lompat padahal masih pake seragam ngga mau pulang. dan kenapa berkesan, karena kalo kamu cewek di daerahku dan ngga pernah main ini, nyesel abis dah:(
    3) Sembunyi-sembunyian.
    permainan yang pastinya banyak yang tahu dan gampang banget. kita yang ngga jaga, cukup sembunyi aja. tapi kalo ditempatku, kita tambah permainannya. ada mode hitung cepat, lambat, sedang. terus juga hitungnya 1-100, kelipatan 5, kelipatan 10. dan kalo aku mainan sembunyi-sembunyian ini di lingkungan sekolah karena deket rumah. yah bayangin aja yang jaga, harus muterin sekolah buat nyari anak-anaknya :D baru kita juga pake istilah "TEMPE" dan "TAHU" buat tetep keluar atau tetep sembunyi. pokoknya yang jaga kesel abis kalo sudah diginiin, soalnya kenapa tipu terus.
    4) Bola gebok
    Dari namanya aja sudah kasar banget hehe. permainan yang sama kayak main kasti sebenarnya. bedanya NGGA ADA PERATURAN, dan kalo mau ngelempar itu bola BENERAN DI GEBOK-_- yang dipentingin disini, kekuatan tangan buat mukul sejauhnya terus lari sekenceng-kencengnya. kalo jatuh langsung bangun.Dipermainan ini diajarin buat tahan banting lah pokoknya. pokoknya yang mainan ini tangannya paling sering kesubanan :D
    Sorry panjang banget, tapi memang banyak permainan yang ngga ada sama sekali di play store, kasian aja sih sama anak zaman sekarang. lebih banyak megang gadget, sekalipun ketemu temen. juga pasti ngajaknya permainan yang ada di gadget. ya untunglah lahir dizaman teknologi masih mahal kebangetan. jadi masa kecil lebih banyak kenangannya dan lebih berkesan, bukan tiap hari cuman liatin hape dan berpengaruh besar sama teknologi:) lebih baik berani hitam daripada ngga punya masa kecil yang harusnya dibuat seneng-seneng bareng temen sebaya. Salam bolang wkwkw

    BalasHapus
  16. Jawaban : huaaa.. Banyak banget hampir semua malah. Tapi, yg paling berkesan itu permainan bola kasti sama bola gebok *ini namanya kalo di daerah saya sih, nggak tau kalo daerah lain* karena menurut saya 2 permainan itu paling seru karena banyak pemainnya -menurut saya permainan paling seru itu kalo dimainkan banyak orang- saya suka bagian kerjar-kerjarannya, suka euforia kemenangannya *sampe lompat-lompat saya kalo menang* suka marah-marah kalo salah satu teman kena bolanya, dan suka ngos-ngosan karena kebanyakan lari haha
    Nama : Zaza Dwiastuti Arfah
    email : zazadwiarfah@gmail.com
    akun twitter : @zazadwi
    link tweet : https://mobile.twitter.com/Zazadwi/status/658994615811481600?p=v

    Ps. Saya nggak punya GFC kak T_T dan saya nggak tau apa itu GFC :'(

    BalasHapus
  17. Nama : Febriyani Syafri
    Email : clyneyulaattha@gmail.com
    Twitter : @fHEyui
    Link Tweet : https://twitter.com/fHEyui/status/659304207724363776


    Permainan waktu kecil yang paling berkesan itu..
    Bola bekel!

    Ituloh, permainan yang make bola (aku biasanya make bola kasti yang hijau itu) sama biji bekel (cangkang keong, atau kalau lagi ga ada make tutup botol minuman ringan).

    Kenapa paling berkesan?
    Karena main bola bekel ini ada tingkat-tingkat kesulitannya. Sulitnya tuh diukur dengan berapa banyak biji bekel yang dipakai. Paling susah tuh kalau mesti make 7 biji bekel. Wih!

    Selain itu, main bekel juga bisa dimainkan rame-rame, bareng sepupu-sepupu, bareng temen-temen sekolah, bahkan kadang sama mama. :D
    Lalu, kalau lagi ga ada temen buat main, main sendiri juga bisa. Sekalian latian biar nanti bisa menang lawan temen-temen.

    Main bola bekel selain seru, juga melatih kelincahan tangan dan melatih tingkat kefokusan kita loooh...
    Aih, jadi pengen main bola bekel... xD

    BalasHapus
  18. Nama : Agatha Vonilia Marcellina
    Email : agathavonilia@gmail.com
    Akun twitter : @Agatha_AVM
    Link tweet : https://twitter.com/Agatha_AVM/status/659762141163991041

    "Apa permainan masa kecil kalian yang berkesan bagi kalian? (Sebutkan alasannya juga, ya)."

    Bola bekel, aku suka banget lho main permainan itu. Dulu waktu SD, pasti di seluruh teras depan kelas penuh dengan anak-anak baik cewek maupun cowok. Bukan disuruh keluar ngerjakan tugas gitu tapi main bola bekel. Jadi, setiap kelompok itu pasti terdiri dari 4 atau 5 orang gitu. Seru deh, dentingan bola bekel yang jatuh mengenai tanah suaranya merdu banget dan gelak tawa teman-teman pun memenuhi seluruh penjuru sekolah. Aku nggak akan pernah melupakan semua itu. Keceriaan dan kepolosan khas anak-anak jelas terpancar. Kalau sekarang mungkin sudah berkurang anak-anak yang bermain bola bekel. Padahal seru banget lho. Apalagi kalau baru belajar maininya, pasti bingung melempar dan mengambil biji bekelnya. Beneran deh bikin gemes dan geregetan. Sekali saja kita diganggu pasti mati. Aku selalu mati di level 5. Lupa atau kesenggol biasanya.

    Ada satu lagi, pentil. Tahu nggak? Pentil itu karet gelang disusun sesuai dengan kepanjangan yang diikat. Nah, nanti ada 2 orang yang harus memegangi pentil tersebut. Sisanya harus melompati pentil tersebut, ada yang bilang juga sih lompat karet. Keringeten banget kalau main pentil itu. Ada beberapa gerakan yang harus diikuti. Jika kita dapat melakukan lompat karet sambil melakukan berbagai gerakan atau gaya itulah yang menang. Seruuu banget! Apalagi teriakan supporter dari teman-teman, menambah semangat.

    Terima kasih :)

    BalasHapus
  19. Nama : Sofhy Haisyah
    Email : sofhyhaisyah28[at]gmail[dot]com
    Twitter : @Sofhy_Haisyah
    Link : https://twitter.com/Sofhy_Haisyah/status/659923435070423040

    Permainan yang berkesan saat kecil, yaitu semua permainan simulasi kehidupan (seperti : jadi guru, masak-masak, dan paperdoll)

    Alasannya, karena permainan itu aku mainkan bersama teman dekatku yang udah nggak ada di alam sepertiku sekarang. Permainan itu penuh memory. Bahkan, papan tulis kecil yang biasa kami pakai bermain masih tergantung di samping rumah, sama halnya boneka-boneka yang dulunya jadi murid tambahan saat kami mengajar. Berbeda sama alat masak-masaknya, yang udah aku kasih ke sepupuku dan nggak tahu peralatannya masih ada atau udah hilang. ^_^))">

    BalasHapus
  20. Nama : Meilina Istanti
    Email : meilinaistanti@gmail.com
    Akun twitter : @meic_chan
    Link tweet info Blog Tour : https://twitter.com/Meic_Chan/status/660003908773769216

    "Apa permainan masa kecil kalian yang berkesan bagi kalian? (Sebutkan alasannya juga, ya)."

    Permainan masa kecil yang paling berkesan yaitu sulamanda. Alasannya, karena dari semua permainan masa kecil hanya sulamanda yang jadi favorit aku dan teman-temanku. Permaian itu juga gak ribet, cuma butuh sebidang tanah trus digambar kotak-kotak, trus bikin semacam 'gaco' buat main. Sayangnya, anak zaman sekarang udah gak main sulamanda. Karena tanahnya udah ketutup semen semua >< Sulamanda juga gak batesin faktor umur atau cewek cowok. Saat main sulamanda semua orang berkumpul, sulamanda adalah mainan semua orang. Gak cuma cewek yang bisa main, cowok pun bisa. Ibaratnya, Sulamanda ini adalah permainan pemersatu anak-anak di linkunganku :D

    BalasHapus
  21. Asy-syifaa - @asysyifahs - asysyifaahs(at)yahoo(dot)com - https://twitter.com/asysyifaahs/status/660260196770426880

    Ada banyak permainan masa kecil yang jadi kenangan buatku, tapi satu-satunya permainan yang paling berkesan adalah Ouija Board, atau Papan Ouija. Meski asalnya bukan dari Indonesia (aku cinta tanah air kok, makanya permainan masa kecil ala Indonesia itu semuanya menyenangkan), tapi aku pernah memainkannya sekali bareng teman-teman di sekitar rumah.

    Memang bukan papan ouija yang sebenarnya sih, karena kami membuatnya sendiri (do-it-yourself lah bahasa kerennya), ada tulisan alfabet dari A-Z, tulisan "ya" dan "tidak", btw... cara main yang sebenarnya pun lebih menyeramkan, ya namanya juga permainan buat manggil arwah, tapi kalau aku yang lakukan cara mainnya untuk iseng-isengan. Jadi setiap orang yang ditunjuk akan ditanya tentang orang yang lagi disukainya, nanti pemain yang lain harus membaca nama si doi dari pilihan huruf yang diputar oleh orang yang ditanya, mirip-mirip kayak ToD tapi kami harus menebak urutan namanya gitu. Ada juga jenis pertanyaan lain, tapi yang jawabannya hanya iya dan tidak, bukan berupa penjelasan. Agak bingung ya? Makanya kami juga maininnya cuma sekali, karena setelah itu... temen-temen yang main denganku jadi bosen saking bingungnya, hahaha!

    Eh taunya, pernah baca lagi kalau Papan Ouija yang sebenarnya menyeramkan, hiii... nggak berani mainin lagi ah :d

    BalasHapus
  22. nama: Aulia
    email: auliyati.online@gmail.com
    twitter: @nunaalia
    link tweet: https://twitter.com/nunaalia/status/660294794753630208

    Jawaban:
    Bentengan. Permainannya ada 2 kelompok, anggotanya berapa saja. Mereka harus menjaga benteng (biasanya memakai batu/bata) masing-masing supaya tidak direbut lawan, juga berusaha merebut benteng lawan. Sebelumnya masing-masing anggota harus menyentuh batu/bata tersebut sebelum menyerang lawan. Orang yang lebih duluan keluar benteng (menyentuh batu/bata) akan kalah jika tertangkap lawan yang belakangan keluar benteng, tawanan itu harus berdiri di tempat yg sudah ditentukan lawan sebagai penjara, biasanya beberapa langkah dari benteng. Nah teman-temannya bisa melepaskan tawanan itu dengan menarik mereka, tapi jangan sampai tertangkap lawan lagi ya! :D

    Dulu waktu kelas 6 SD aku dan teman satu kelas selalu main bentengan pas jam istirahat. Karena saat itu kami paling senior di sekolah (anak kelas 6), jadi lapangan sekolah bisa kami kuasain, tapi memang gak ada yg komplain loh ya hahaa... Hampir satu kelas kami ikut, campur anak laki-laki dan perempuan. Bahkan terkadang ada adik kelas yg ikut gabung. Yang pasti seru banget! Dan permainan bentengan itu jadi tontonan seluruh sekolah, dan jadi ritual acara di waktu istirahat. :D
    Ah....mengingatnya jadi kangen saat-saat itu deh...!
    Kira-kira anak-anak sekarang masih main permainan bentengan itu ga ya??

    BalasHapus
  23. Nama : Shiela Hartiningtyas
    Email : yskasim@gmail.com
    Twitter : @ruth_shiela
    Link tweet : https://twitter.com/ruth_shiela/status/660708479200460800

    Apa permainan masa kecil kalian yang berkesan bagi kalian? (Sebutkan alasannya juga, ya)

    Permainan masak-masakan. Aku sangat suka sekali dengan permainan ini karena ini melatih kekreatifan kita dalam meracik bahan dan menentukan masakan apa yang
    hendak dibuat.
    Misalnya hari ini mau masak sup, aku dan teman-temanku berpikir kira-kira isi sup itu apa saja dan apa saja bumbu yang dipakai.
    Dengan permainan masak-masakan, aku dan teman-temanku juga jadi sering memperhatikan mama kami saat memasak. Tidak jarang aku menanyakan macam-macam hal
    terkait memasak. Permainan masak-masakan juga melatih kerjasama aku dan teman-temanku. Misalnya aku ditugaskan memotong bawang, temanku ada yang memotong buncis,
    memotong wortel, dan memotong baso. Seru deh pokoknya. Karena permainan ini pula, aku jadi terbiasa memasak sendiri ketika dewasa.:)
    Menurutku ini adalah permainan yang sangat bermanfaat.:)

    BalasHapus
  24. Nama : Hary Gimulya
    Email : harygimulya@gmail.com
    Twitter : @angels_rutherfo
    Link tweet : https://twitter.com/angels_rutherfo/status/660708007752273920

    Permainan masa kecil favoritku tentu saja adalah petak umpet.
    Hayo, pasti semua pernah memainkan permainan ini kan?
    Dimulai dengan Hompimpa untuk menentukan siapa yang menjadi "kucing" (berperan sebagai pencari teman-temannya yang bersembunyi). Si kucing ini nantinya akan memejamkan mata atau berbalik sambil berhitung sampai 10, biasanya dia menghadap tembok, pohon atau apa saja supaya dia tidak melihat teman-temannya bergerak untuk bersembunyi (tempat jaga ini memiliki sebutan yang berbeda di setiap daerah, contohnya di beberapa daerah di Jakarta ada yang menyebutnya INGLO, di daerah lain menyebutnya BON dan ada juga yang menamai tempat ituHONG). Setelah hitungan sepuluh (atau hitungan yang telah disepakati bersama, misalnya jika wilayahnya terbuka, hitungan biasanya ditambah menjadi 15 atau 20) dan setelah teman-temannya bersembunyi, mulailah si "kucing" beraksi mencari teman-temannya tersebut.
    Jika si "kucing" menemukan temannya, ia akan menyebut nama temannya sambil menyentuh INGLO atau BON atau HONG, apabila hanya meneriakkan namanya saja, maka si "kucing" dianggap kalah dan mengulang permainan dari awal. Apabila Yang seru adalah, pada saat si "kucing" bergerilya menemukan teman-temannya yang bersembunyi, salah satu anak (yang statusnya masih sebagai "target operasi" atau belum ditemukan) dapat mengendap-endap menuju INGLO, BON atau HONG, jika berhasil menyentuhnya, maka semua teman-teman yang sebelumnya telah ditemukan oleh si "kucing" dibebaskan, alias sandera si "kucing" dianggap tidak pernah ditemukan, sehingga si "kucing" harus kembali menghitung dan mengulang permainan dari awal.(deskripsi credit to kaskus)
    Permainan selesai setelah semua teman ditemukan. Dan yang pertama ditemukanlah yang menjadi kucing berikutnya.
    Permainan ini berkesan bagiku karena lewat petak umpet, aku jadi ingat nama teman-teman sekolahku dulu.
    Ga mungkin kan saat aku menjadi kucing, malah ga tahu nama temanku yang aku temukan.
    Bisa malu sama yang lain. Makanya sebelum bermain, aku berusaha mencari tahu dulu nama teman-teman yang ikut (sambil tanya-tanya ke yang lain juga.hehehe)
    Selain itu aku dengan teman-temanku juga menjadi lebih dekat dan akrab lewat permainan petak umpet ini. Seru deh pokoknya.

    BalasHapus
  25. Nama: Eni Lestari
    Email: shinra2588@yahoo.com
    Twitter: @dust_pain
    Link share: https://twitter.com/angels_rutherfo/status/660708007752273920https://twitter.com/dust_pain/status/660948999705247744

    "Apa permainan masa kecil kalian yang berkesan bagi kalian? (Sebutkan alasannya juga, ya)."

    aduh, aku gak nemu padanan kata bahasa indonesianya. tapi nama permainannya itu KREMPYENG. permainan ini dari tutup botol minuman soda (kayak co*a co*a atau sprit*). masih inget gak, sebelum botolnya terbuat dari plastik, botol minuman soda terbuat dari gelas/kaca? yang kalo beli mesti dikembaliin botolnya ke penjualnya itu lho xDD nah zaman dulu, kalo ada yang beli co*ca co*a, pasti tutup botolnya disimpen. setelah kekumpul lima biji, bisa dipakai buat main KREMPYENG. cara mainnya gampang kok, cuma harus mengandalkan keterampilan tangan. kalo dijelasin di sini agak susah sih, mesti praktik langsung hahaha. tapi asli, main KREMPYENG tuh seru banget. aku sering kalah. gak gitu mahir soalnya. gak kayak temenku, dia pinter banget main KREMPYENG xDD

    BalasHapus
  26. http://escapeintofantasyworld.blogspot.co.id/2015/10/blog-tour-giveaway-ps-i-still-love-you.html?m=1

    Nama: Rizcha Mawadah
    Email: rizcha_10@yahoo.co.id
    Akun twitter: @chaecungmochi
    Link share: https://twitter.com/ChaEcungMochi/status/657648544736673792?s=09

    Jawaban:
    Apa permainan masa kecil kalian yang berkesan bagi kalian? Sebutkan alasannya?

    Bagiku aku berkesan banget sama permainan monopoli. Walaupun permainan itu sekarang udah ada bentuk digitalnya tetep aja kerasa beda kalau main yang manual. Permainan ini dulu aku mainkan sama adik laki-lakiku, permainan yang membuat kita dekat. Sekarang udah pada besar-besar jadi sibuk sama kesibukan masing-masing. Selain itu permainan ini membuat kita berkuasa di dunia kotak persegi itu. Membeli kota, membangun rumah, hotel, menerima uang sewa dari lawan. Yah, sangat menyenangkan. Dan selalu ada perdebatan kan. Itu juga berkesan dalam, karena komunikasi yang seperti itu jarang ada ketika kita sudah dewasa. ^^

    BalasHapus
  27. Nama : Bintang Permata Alam
    Email : bintangpermata45@gmail.com
    Twitter : @bintang_ach
    Link share : https://mobile.twitter.com/Bintang_Ach/status/661038393837522944?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C2074672261

    "Apa permainan masa kecil kalian yang berkesan bagi kalian?"

    Whoaaa... senang sekali jika disuruh flashback ke masa kecil. Ada banyak sih permainan yang berkesan di masa kecil. Salah satunya gobag sodor. Tau kan? Jadi ceritanya tiap jam 2 siang aku ama temen2 yang lain tuh suka kumpul di depan musholla buat main itu. Dari jam 2 itu sampai 4 sore. Setelah itu kita pulang buat ngaji di musholla itu. Dan salah satu hal yang suka aku lakuin sama temen2 adalah main sepedaan. Seru banget. Aku ceritain ya, sore itu sambil nunggu ngaji dimulai, aku sama salah satu temenku sepedaan berdua. Kita muter di sawah deket musholla. Nah lucunya.. pas lagi di tikungan sawah kan licin dan jalannya sempit juga, nah disitu temenku sama sepedanya itu kepeleset terus nyemplung ke sawah. Saat itu aku ngelihatnya ketawa ngakak banget. Soalnya yang nyungsrep ke sawah itu mukanya dulu. Jadi posisi dia tengkurep. Alhasil, sekujur tubuhnya pun penuh ama lumpur. Karena malu, dia pulang minta anter aku sambil ketawa bareng nginget kejadian tadi. Dan akhirnya kita berdua pun nggak jadi ngaji, heheh.
    Terus ada lagi nih.. aku sama temen2 tuh suka main petak umpet, tapi malem. Yah.. lokasinya ya sama di sekitar musholla situ. Waktu itu aku yang jaga, temen2 yang sembunyi. Aku kebingungan pas nyari mereka. Aku kan orangnya penakut ya, jadi aku gak berani nyari jauh2, cuma di sekitar musholla itu aja. Tapi padahal aku tau kalo mereka pasti sembunyinya di tempat yang agak jauh dan gelap. Namun, karena terpaksa gak ketemu juga.. akhirnya aku nekat pergi ke belakang musholla buat nyari mereka (tempatnya gelap banget loh) dan waktu aku kesana, tiba2 aku melihat orang berbadan gedhe berdiri nggak jauh dari tempatku berdiri. Spontan aku teriaakkk kenceng "waaaaaaaaaa". Eh tau2nya, orang itu malah deketin aku. Ehh ternyata pas aku liat rupanya itu guru ngajiku abis dari WC, Hahahahha. Aku kira tadi hantu. Aku jadi malu banget waktu itu. Terus sempet dimarahin pula "uda gedhe kok penakut" Sementara temen2ku yang lain juga ikut keluar denger teriakanku tadi. So, alhasil mereka pada ngetawain aku semua... :'(
    Thanks ^^

    BalasHapus
  28. Nama : Nova Indah Putri Lubis
    Twitter : @n0v4ip
    Domisili : Medan
    Link Share : https://twitter.com/n0v4ip/status/661600717761703936

    nama permainannya pecah piring. kenapa berkesan? karena dipermainan ini, kita bisa melihat sejauh mana
    kekompakan kita sesama teman. karena dalam permainan ini, team yg menang harus menyusun kembali pecahan2 piring menjadi satu. jadi sesama team bekerja sama untuk menyusun piring sekaligus mengecoh lawan agar tidak menghancurkan lagi piring2 yang sudah disusun. seru dan menegangkan deh pokoknya :D

    Terima Kasih ^^

    BalasHapus
  29. Nama: Thia Amelia
    e-mail: thiameliasn@gmail.com
    twitter: @Thia1498
    link: https://twitter.com/Thia1498/status/661891639753900032

    Apa permainan masa kecil kalian yang berkesan bagi kalian? (Sebutkan alasannya juga, ya).

    Permainan paling berkesan saat masa kecil adalah main karet. Aku ingat pertama kali pindah ke Bogor, aku belum kenal semua orang, namanya anak kecil, aku terpaksa menjauh karena mereka belum menerima secara terbuka. Sampai suatu hari, salah satu temanku ada yang membawa karet, mereka main dan aku hanya melihat. Mungkin karena mukaku yang sangat pantas dikasihani, mereka mengajak aku bermain. Setiap hari kami bermain karet dan tidak pernah bosan. Hanya permainan yang meloncati karet-karet yang telah disambung, tapi itu sangat berarti buatku. Permainan yang membuat hubungan kami menjadi sebuah persahabatan. Setelah ikut permainan itu, tidak ada lagi aku yang selalu duduk di pojok dan menulis hal-hal apapun untuk mengisi waktu, yang ada hanya aku yang selalu tertawa bersama teman-teman. Tidak ada lagi aku yang makan makanan sendiri, yang ada hanya aku yang membuat lingkaran bersama teman-teman dan memakan bekal makanan kami. Karet yang bisa menyatukan kami, dan saya sangat berterimakasih pada permainan itu.

    Sekarang mungkin saya sudah jarang memainkan permainan karet itu. Tapi akibat yang ditimbulkan dari permainan karet itu masih terasa sampai sekarang dan menjadi kisah kami untuk masa depan. Permainan masa kecil yang paling berkesan :D

    BalasHapus
  30. Rini Cipta Rahayu
    rinspiration95@gmail.com
    @rinicipta
    Lihat Tweet @RiniCipta: https://twitter.com/RiniCipta/status/661930099738996736

    Permainan di masa kecil yang paling berkesan bagiku adalah petak umpet. Aku bukan tipikal orang yang pandai dalam hal permainan, selain itu aku juga sangat polos dan jarang melawan itulah sebabnya aku sering jadi kprban kejailan teman-teman.
    Inget banget, mulai kelas 4 SD itu aku nggak bisa diem dirumah. Setelah pulang sekolah, ganti baju dan makan siang aku langsung balik lagi ke sekolah buat main. Kadang itu juga dijemput sama tetangga teman main yang juga kakak kelasku.
    Kami main sampai lupa waktu, asalkan senang. Yang dimainin biasanya kelereng, petak umpet, kasti dll. Nah kalau main petak umpet pasti aku sering kebagian jaga. Pas giliran orang lain jaga, aku pasti sengaja ditemukan yang pertama. Pas aku jaga, mereka pasti sembunyinya di tempat yang gak bisa aku temukan. Mereka curang, kadang aku kesel apalagi kalau lihat mereka ketawa ngejek.
    Sebelnya ya sampai disana aja, pulang ke rumah dengan senang. Besoknya main lagi, seru-seruan lagi. Hehe.. sadar sih, itu adalah tahapan pertama yang harus kita lewati. Kita belajar gimana caranya bertahan, adu strategi dan gak gampang menyerah dengan keadaan yang makin rumit seiring bertambahnya umur :D

    BalasHapus
  31. Nama : Ken
    Twitter : @orion____
    Email : kenastridd@gmail.com
    Link : https://twitter.com/orion____/status/661937626618814464

    Q : Apa permainan masa kecil kalian yang berkesan bagi kalian? (Sebutkan alasannya juga, ya).

    A : Ada yang tau permainan ini nggak ya? Namanya TIK-TOK! :)

    Cara mainnya adalah dengan menggunakan dua buah kayu, satunya panjang dan yang satu lebih pendek. Pertama, kita sediakan dua batu yang diletakkan sejajar—yang paling gampang sih pakai batu bata—trus kayu yang lebih pendek akan diletakkan melintang di atasnya. Dengan kayu yang lebih panjang, kita pukul dan lempar kayu yang lebih pendek ini sejauh-jauhnya—seperti main golf. Penilaian siapa yang dapat skor tinggi dilihat dari seberapa jauh kayunya terlempar dari batu tadi, dan alat pengukurnya menggunakan kayu yang lebih panjang. Agak susah sih sebenarnya kalau cuma dijelaskan lewat tulisan hihi~

    Yah apapun itu, yang membuat permainan ini berkesan menurut saya adalah…karena cuma dengan permainan ini saja saya bisa main bareng sama kakak laki-laki saya. Saya yang notabene lebih suka menulis dan membaca sejak kecil suka kontras sama hobi kakak yang banyak main. Karena jarang komununikasi kali ya, kita jadi sering berantem. Tapi entah, sejak kakak dan temen-temen sekolahnya menemukan—atau malah menciptakan?—permainan tik-tok ini, saya sering meninggalkan buku dan ikut main. Sebodo deh lawan mainnya anak laki-laki semua, permainan ini udah bikin saya keasikan sendiri :)

    Sebenarnya ini permainan yang sangat simpel, tanpa perlu menggunakan skill apa-apa. Kalah deh kalau dibandingkan permainan tradisional yang lain. Tapi buat saya permainan ini tetap menyenangkan karena punya cerita tersendiri untuk saya dan kakak :)
    /oke, ini semacam curcol hahaha~/

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...