Minggu, 10 Januari 2016

[Book Nerd Problem] Being a Slow Reader

Source: here. edited by me

Halo semuanya! Karena kita sudah memasukki awal tahun, tentunya kita sudah memulai aktivitas sehari-hari kita seperti sekolah, kuliah, kerja, dll. Nah, mumpung masih awal tahun, aku akan mempublish postingan pertamaku di tahun ini yaitu masalah para bookworm atau Book Nerd Problem!

Nah, apa itu book nerd problem? Pada tema book nerd problem ini, aku akan membahas masalah-masalah yang dialami oleh para bookworm. Sebelumnya, aku sudah pernah membahas tentang spoiler dan cara menghindarinya. Kali ini, aku akan membahas tentang slow reader


Para pecinta buku, pastinya paham mengenai masalah ini kan? Yap, termasuk diriku sendiri juga paham dan pernah mengalaminya. Dulu menyelesaikan 1 novel aku hanya membutuhkan waktu 2-3 hari, namun sekarang 1 novel saja aku membutuhkan waktu seminggu! Ketika memulai membaca, kita sudah merasa telah membaca 50 lebih halaman, setelah dilihat ternyata kita baru menyelesaikan 10 halaman. OH WHY??? Apalagi ketika kita ingin menyelesaikan timbunan, menyelesaikan 1 buku yang sedang dibaca itu penuh perjuangan. Nah, ada penyebab kita menjadi lama ketika membaca.

source: here
Faktor-faktor yang dapat memicu kecepatan membaca kita yang lambat:

1. Distraction 
Halo halo, banyak distraction yang dapat mengganggu kecepatan kita membaca, seperti handphone, social media, TV series, K-drama. Harus kuakui, kecepatan membacaku terganggu karena keseruannya nonton k-drama dan Running Man. Gosh, keduanya itu memang sangat seru ketika satu episode selesai rasanya pengen berlanjut ke episode selanjutnya, dan seterusnya hingga akhirnya aku menunda waktu membacaku. Biasanya, aku hanya dapat membaca minimal 10-20 halaman.
2. Sibuk
Ini tentunya dialami oleh semua orang, baik pelajar, mahasiswa, maupun yang sudah kerja. Aku, sebagai pelajar tentunya disibukkan oleh tugas dan berbagai ujian dari sekolah. Hal ini, tentunya dapat menunda waktu membacaku. Setelah selesai pun, belum juga rasa lelah akibat kedua hal tersebut. Ketika aku merasa lelah, aku belum tentu melanjutkan bacaanku dan kalau mampu aku hanya sanggup membaca 10-20 halaman. 
Selain itu, aku rasa jika buku yang sedang dibaca itu terasa membosankan dapat memicu kecepatan membaca kita. Aku belum pernah mengalami hal ini. Namun, kupikir jika terasa membosankan dan tidak ada bacaan lain akan terasa jenuh dan otomatis akan melakukan hal lain seperti browsing, dll. 

Itulah, faktor yang dapat memicu kecepatan membaca kita. Pernah, disaat sedang hari-hari sekolah dan tidak mendapat kesempatan untuk membaca, aku pengen cepet-cepet liburan. 

Berikut adalah hal-hal yang dapat kita lakukan untuk mengatasi kemampuan membaca kita yang seperti kura-kura:

1. Jauhkan distraction-distraction
Ya, ini jelas. Distraction seperti handphone, social media, browsing dll. memang perlu dikorbankan. Memang sulit, tapi apa salahnya untuk menjauhkan distraction kemudian tenggelam dalam dunia fiksi!
2. Atur waktu
Hampir sama seperti kasus no 1, namun dalam hal ini kita dapat mengatur waktu. Sehingga, ada waktunya untuk membaca dan ada waktunya untuk menonton k-drama, dll. Ketika aku sedang disibukkan oleh sekolah, aku biasanya mendahului tugas-tugas dan ulangan terlebih dahulu kemudian aku dapat dengan santai melanjutkan bacaanku.
3. Dalam sehari usahakan membaca setidaknya 1 bab.
Ini akan berhasil, karena pada umumnya, diakhir bab itu meninggalkan kesan yang menggantung dan bahkan membuat kita penasaran dan ingin melanjutkannya. Jadi, ketika kita menamatkan 1 bab otomatis kita akan dibuat penasaran dan membalik halaman demi halaman untuk mencari tahu. Hal ini tanpa kita sadari kita telah dengan cepat me.balik halaman demi halaman.
Nah, sekian dari postinganku ini, silakan komentari pendapat kalian dan jika ada yang ingin kalian tambahkan, hehehe. Maaf kalau ada kesalahan kata-kata. Sampai jumpa dipostinganku yang berikutnya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...