Minggu, 12 April 2015

[Book Review] The Runaway King

Judul: The Runaway King (The Ascendance Trilogy #2)
Penulis: Jennifer A. Nielsen
Penerjemah: Cindy Kristanto
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 476 halaman
Cetakan I, 2014

WARNING!! SPOILERS FOR THOSE WHO HAVEN'T READ THE FIRST BOOK

Review for The False Prince
Kerajaan yang nyaris hancur. Raja yang hilang. Siapa yang akan bertahan?

Beberapa minggu setelah Jaron naik takhta, ada yang berusaha membunuhnya. Desas-desus bahwa sebentar lagi pecah perang pun merebak di balik dinding-dinding istana, dan Jaron merasa suasana di Carthya makin lama makin tegang. Dalam waktu singkat, ia sadar bahwa kepergiannya dari Carthya mungkin merupakan satu-satunya cara untuk menyelamatkan kerajaan itu.

Namun, Jaron kemudian bertanya-tanya apakah tindakannya tidak terlalu jauh. Akankah ia bisa pulang lagi? Atau apakah ia harus mengorbankan nyawa demi menyelamatkan kerajaannya?



~~~

Jaron telah kembali menduduki tahktanya dan memimpin Carthya. Namun, kerajaan tidaklah damai setelah Jaron menduduki tahkta menggantikan ayahnya dan Darius, kakaknya, ahli waris setelah ayahnya. Jaron mendapatkan ancaman dari bajak laut yang rupanya belum selesai berurusan dengan masalah 4 tahun yang lalu. 

Mereka memberinya ancaman bahwa mereka akan menyerang Carthya jika Jaron tidak menyerahkan diri kepada bajak laut. Selain itu, Para regen meremehkan pemerintahan Jaron karena usianya yang masih muda. Serta, mereka juga mengusulkan pemilihan wali untuk menggantikan Jaron sementara sampai Jaron cukup umur.

Demi menyelamatkan kerajaan, ia tahu dirinya harus pergi untuk melakukan sesuatu demi menyelamatkan kerajaannya. Akan tetapi misi dirinya sendiri itu sangat berbahaya. Berhasilkah ia menyelamatkan kerajaan yang nyaris hancur?

Source: here

Ya, setelah dispoilerin dikit ketika baca buku kesatunya, sempat memikirkan bahwa aku tidak akan melanjutkan buku keduanya. Tetapi buku ini kubeli karena bingung untuk memilih agar promo buy 3 get 1nya lengkap. Akhirnya kebeli dan baru kubaca dibulan April ini. Harus kuakui, buku keduanya SANGAT MENGESANKAN! KEREN! Untunglah aku memberi kesempatan seri ini dan aku tidak menyesal!

Tentu saja ia sudah kembali dan sifatnya tetap saja belum berubah dan justru aku malah tambah menyukainya. GEMAS DEH SAMA JARON INI. Yang paling aku suka dari karakter Jaron ini adalah ia sangat berani, nekat, keras kepala dan tidak mudah putus asa. Bukan Jaron namanya kalau tidak ada sarkasmenya.

Sungguh, aku rasa aku akan memasukkan sudut pandang Jaron ini ke dalam list sudut pandang terfavoritku. Cerita ini diceritakan dari sudut pandang pertama dan penulis menceritakannya seperti diceritakan face to face oleh Jaron. Awalnya aku merasa bosan dan cerita berjalan lambat, aku sempat bilang di dalam hati 'Masalah Jaron kan di bajak laut ini kenapa malah kemana-mana?'.  Kalian yang sempat bosan diawal cerita, aku sarankan untuk tetap melanjutkan. Karena penulis memang sengaja menceritakan secara pelan-pelan dan nantinya akan berhubungan. Dijamin bakal blown away oleh buku ini :)

Daritadi aku membahas karakter Jaron terus saatnya aku membahas karakter lainnya. Tentu saja ada kehadiran tokoh baru dalam buku ini, yaitu Fink yang penakut, Erick dll. Aku tidak akan membahas banyak tentang tokoh baru ini takutnya spoiler jadinya hehe. Ya, tentu saja Mott, Tobias, dan Amarinda juga hadir dalam buku ini. Okay, sepertinya kalian menyadari ada 1 tokoh yang belum aku sebutkan. Ya, aku sengaja karena tokoh ini juga merupakan tokoh favoritku selain Jaron yaitu, Imogen!!!!! BUT, JARON AND IMOGEN..... ARGH I SHIP THEM!

Jaron juga mengajarkan kita untuk tidak mudah putus asa meskipun jalan buntu. Apapun masalahnya kita tidak boleh takut untuk menghadapi. Selain itu, buku ini juga mengajarkan kesetiaan. Aku penasaran dengan ending dari trilogy ini dan aku berharap Gramedia cepat-cepat menerbitkan buku ketiganya, The Shadow Throne.

Bagi yang merasa buku pertamanya kurang memuaskan, coba deh kalian beri kesempatan untuk membaca lanjutannya :)

Rating:
5/5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...