Minggu, 23 November 2014

[Book Review] Clockwork Prince

Clockwork Prince (The Infernal Devices #2)
Penulis: Cassandra Clare
Penerjemah: Melody Violine
Penerbit: Ufuk
Tebal: 680 halaman


*Warning: SPOILER

Tessa Gray akhirnya menemukan tempat bernaung yang aman bersama para Pemburu Bayangan. Sayangnya, keamanan terkikis ketika sebagian anggota Kunci bersekongkol untuk melengserkan pelindung Tessa, Charlotte, dari kursi pimpinan Institut. Dengan bantuan Will yang tampan dan sering menghancurkan diri sendiri, juga Jem yang sangat kuat pengabdiannya, Tessa mengetahui bahwa latar belakang orangtuanya lebih menakutkan daripada yang pernah dibayangkannya. Ketika mereka berhadapan dengan iblis clockwork yang membawa peringatan bagi Will, mereka sadar sang Magister mengetahui setiap gerakan mereka dan pasti ada pengkhianat di antara mereka.
Di sisi lain, hati Tessa semakin tertarik kepada Jem, walaupun kerinduannya terhadap Will terus-menerus menggelisahkannya. Apakah dengan menemukan sang Magister, Will akan terbebas dari rahasianya dan Tessa menemukan jawaban tentang jati dirinya dan untuk apa ia dilahirkan? Ketika pencarian mereka untuk mengungkap semua itu menggiring mereka ke dalam bahaya, Tessa belajar bahwa ketika cinta bercampur dusta, hati yang paling bersih pun bisa ternoda.



Review:

Akibat dari automaton menyerbu masuk institut dan menyebabkan kematian 2 pelayan. Charlotte dipanggil ke Balai Dewan untuk bahas masalah itu. Ga lupa Tessa, Jem, Will, dan Henry juga ikut. Ditengah-tengah itu, Benedict mengusulkan lebih baik pemimpin institut London digantikan dan menawarkan kedua putranya, Gideon dan Gabriel untuk menjadi pelatih Sophie, Tessa, dan Jessamine. Sebagai gantinya mereka akan mendatangkan Cyril, adik Thomas dan Bridget untuk menggantikan Thomas dan Agatha. Keduanya sudah terlatih. Di awal cerita, Sophie curiga dengan Jessamine yang suka pergi keluar malam-malam dengan pakaian laki-laki. Charlotte mengirim Will, Jem, Tessa untuk pergi ke tempat Aloysius Starkweather untuk mencari tau tentang orang tua Mortmain. Disana mereka mengalami pengalaman yang tidak terduga, seperti Will melihat adiknya, Cecily dan serangan automaton. Akhirnya mereka kembali ke institut dengan hasil nihil kecuali Will yang sudah melihat Cecily.

Oh ya, tadi saya bilang kalau Sophie curiga sama Jessamine. Dia juga menemukan undangan ke pesta Benedict Lightwood yang ditujukan kepada Jessamine lalu dia melapor Tessa dan Tessa melapor ke Will. Akhirnya Will dan Tessa memutuskan untuk pergi ke pesta Benedict dan Tessa menyamar sebagai Jessamine. Disana pun mereka juga bertemu Magnus lalu berjalan-jalan di halaman. Ketika sedang berjalan-jalan, ga diduga Will bertemu sama iblis yang mengutuknya sewaktu kecil.

Charlotte telah mengetahui hal ini setelah Tessa melapor dan dia memanggil Saudara hening untuk menginterogasi Jessamine. Tapi gagal, karena Jessamine gamau ngasih tau keberadaan Mortmain yang asli karena ada halangan di otaknya. Saudara Hening memutuskan untuk membawa Jessamine ke kota tulang.

Baca sendiri deh untuk mengetahui kelanjutannya. Masa iya saya tulis isi 1 buku, hehe :)


Kesan:

Jujur saya gatau mau nulis apa tentang kesan untuk novel ini. BAGUS BANGET!!! Saking bagusnya susah untuk menulis review ini tanpa spoiler (dan juga tebel). Saat saya menulis review ini saya juga harus membaca dikit novelnya karena lupa hihi. Setelah membaca dikit perlahan saya inget deh..
So far, buku kedua ini makin seru, makin bagus dibanding buku pertamanya. Disini juga Jem udah banyak muncul. Di sisi lain saya envy sama Tessa, dicintai 2 cowok sekaligus sampai-sampai Tessa bingung mau milih siapa, huhu... Saya juga kasian sama Will, sampai-sampai didalam hati saya ngomong "Coba kalau Will ga iseng-iseng buka kotak itu, udah pasti ga bakal kea gini, ARGH!".

Meskipun Jem udah muncul banyak, tetap saja karakternya kurang mengena bagi saya. Saya lebih paham karakter Will daripada Jem. Nah itu asal mula kenapa saya Team Will, hehe!
Saya suka gaya cassandra menuliskan alur-alurnya dengan berbagai sudut pandang, berasa seperti nonton film. Endingnya gantung banget karena kemunculan Cecily dan dia minta dilatih sebagai Pemburu bayangan. Wah! apa yang menyebabkan dia mau pindah?


Rating: 5/5


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...