Minggu, 20 Desember 2015

[Book Review] The Dead Returns

Judul: The Dead Returns
Penulis: Akiyoshi Rikako
Penerjemah: Andry Setiawan
Penyunting: Arumdyah Tyasayu
Penerbit: Penerbit Haru
ISBN: 978-602-7742-57-4
Tebal: 252 halaman
Cetakan I, Agustus 2015

Suatu malam, aku didorong jatuh dari tebing. Untungnya aku selamat.
Namun, saat aku membuka mataku dan menatap cermin, aku tidak lagi memandang diriku yang biasa-biasa saja. Tubuhku berganti dengan sosok pemuda tampan yang tadinya hendak menolongku. 
Dengan tubuh baruku, aku bertekad mencari pembunuhku.
Tersangkanya, teman sekelas. Total 35 orang. Salah satunya adalah pembunuhku.

~~~

Sudah 2 bulan berlalu aku, Koyama Nobuo didorong jatuh dari tebing. Namun, secara ajaib aku selamat, entah bagaimana. Akan tetapi, aku bangun bukan dengan sosok diriku, melainkan sosok orang lain. Tadinya sosokku yang biasa-biasa saja, berubah menjadi sosok pemuda tampan yang hendak menolongku di tebing. Sosok pemuda tampan itu bernama, Takahashi Shinji.
"Bukankah ini adalah sebuah kesempatan, jika memang aku bisa menjadi orang lain?
Orang yang berusaha membunuhku tidak mungkin berpikir bahwa jiwaku bangkit lagi dan hidup di dalam tubuh orang lain.
Artinya... aku bisa mencari pembunuhku tanpa dicurigai oleh orang itu."
Kembali kesekolahku, aku bertekad mencari pembunuhku dengan menggunakan tubuh baruku. Lagi pula orang itu tidak akan mencurigaiku. Selain itu, aku juga tahu bahwa pembunuhku adalah salah satu teman sekelasku dari 35 orang.

Kemudian, siapakah pembunuhnya? Akankan Koyama Nobuo berhasil menemukannya?


Karya Akiyoshi Rikako yang sebelumnya, Girls in the Dark yang memuaskan bagiku sehingga aku tidak ragu untuk membaca karya Akiyoshi Rikako selanjutnya, yaitu The Dead Returns, Ternyata, buku ini tidak kalah seru dengan buku sebelumnya! Plot twist yang mengejutkan menanti dibuku ini.

Pada buku ini, diceritakan menggunakan sudut pandang pertama dari Koyama Nobuo. Kali ini, sang penulis menonjolkan hal emosi melalui sudut pandang tersebut. Perasaan yang dirasakan oleh sang tokoh utama terhadap teman-teman sekelasnya baik dendam, rasanya diabaikan, dll itu dapat dirasakan oleh pembaca. Hal ini lah yang membuatku merasa iba dengan Koyama Nobuo yang keberadaannya seolah-olah tidak diketahui.
"Meskipun demikian, tidak ada seorang pun yang berusaha untuk menyapa orang yang pendiam dan tidak bisa bergaul dengan baik. Mereka hanya melewatkannya saja. Namun, dalam artian tertentu, diabaikan secara tak sadar dan tanpa alasan rasanya lebih menyakitkan daripada diabaikan karena di-bully."
Gaya penulisannya sangat mudah dipahami, menggunakan bahasa yang seolah-olah sang tokoh utama menceritakan pengalamannya kepada pembaca. Alurnya berjalan dengan sedang dan dari awal halaman, pembaca sudah disuguhi dengan rasa penasaran. Semakin kita membalik halaman, semakin kita dibuat penasaran dengan tokohnya pula. Karakter-karakter diperkenalkan satu per satu, sang tokoh utama mengorek-orek kronologinya, perlahan karakter-karakter tersebut seolah-olah tidak dapat dipercaya dan terlihat mencurigakan.  

Begitu pula ketika kita membalikkan halaman demi halaman, tiada bab yang tidak diakhiri dengan rasa tidak penasaran. Hal inilah yang mendorongku untuk terus membaca sampai akhir halaman dan dikejutkan oleh plot twist yang bahkan mengalahkan dugaanku. Bagian favoritku adalah ketika menjelang ending sampai ending atau bagaimana ending tersebut berjalan. Bagian tersebut sangatlah tegang bahkan aku tidak menyadari bahwa aku membalikkan halaman dengan begitu cepat sampai akhir. 

Kemudian, seperti yang sudah kukatakan sebelumnya, perasaan atau emosi melalui sudut pandang sang tokoh dapat dirasakan oleh pembaca, Ya, melalui hal tersebut aku memahami pesan yang terdapat dibuku ini. Aku rasa sang penulis menonjolkan tema menghakimi orang hanya dengan melihat penampilan luarnya. 

Sama seperti buku sebelumnya, terjemahannya sangat mudah diikuti dan terdapat beberapa catatan kaki untuk istilah asing sehingga pembaca tidak dibuat bingung. Sejauh ini, aku sangat puas dengan buku ini dan pastinya aku akan membaca karya sang penulis selanjutnya karena aku adalah penggemar plot twist dan misteri hehehe. Bagi kalian yang menyukai atau penggemar berat misteri dan plot twist aku sangat merekomendasikan buku ini, loh! Dijamin kalian akan terkejut dengan plot twistnya.

Rating:
5/5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...