Sabtu, 12 September 2015

[Book Nerd Problem] Spoiler and How to Avoid It

Source: here

Hai, semuanya!! Mumpung aku lagi bersemangat untuk membuat postingan non-review hehe. Biasanya sih kalau mau membuat postingan non-review aku hanya menuliskan judul postnya lalu ditulisnya nanti, dan akhirnya pun tidak jadi karena malas atau tidak sempat.

Nah, kali ini postingannya bertema tentang salah satu problemnya para book nerd, yaitu SPOILER!! Sebelumnya, (menurut wikipedia) spoiler adalah tulisan atau keterangan mengenai suatu cerita, yang membeberkan jalan cerita tersebut. Bisa spoiler tentang siapa karakter yang akan mati, plot twist dll. Pada postingan ini, aku akan membagi tips yang biasa kugunakan untuk menghindari spoiler.

Seperti yang kita ketahui, membaca spoiler dapat merusak / mengganggu kenyamanan atau semangat kita saat membaca. Apalagi ketika kita sedang membaca sekuel yang bagus dan tidak sengaja terkena spoiler, haduh....... Rasanya itu......

Spoiler ini biasanya sering ditemukan di:

1. Media sosial

Ya, hal ini umum banget. Media sosial tersebut dapat berupa Twitter, Goodreads, Youtube, dll. Di Twitter, kalian bisa mengeluarkan pendapat secara singkat. Akan tetapi, spoiler juga bisa ditemukan di sini baik secara sengaja maupun tidak disengaja. Tentunya akan merusak kenyamanan membaca follower yang mengikuti akun orang tersebut.
Di Goodreads, barangkali orang yang belum mengerti opsi html untuk menyembunyikan spoiler tersebut. Hal ini masih bisa dimaklumi namun, sebisa mungkin untuk tidak membeberkannya agar tidak merusak kenyamanan membaca. Di youtube, spoiler seringkali ditemukan di bagian komentar. Setahuku para booktuber akan memperingatkan bahwa videonya mengandung spoiler.

How to avoid it?

Ketika membaca buku yang sedang kalian baca, sebisa mungkin jauhkan media sosial. Terutama 3 media sosial yang kusebut tadi. Sebisa mungkin juga kalian jangan tergoda ngestalk topik dari buku yang sedang kalian baca di twitter.
Di Goodreads dan Youtube, mudah tetapi kita kadang bisa tergoda untuk melihat review atau komentar-komentar. Nah, bagi yang suka nonton booktuber yang sedang mereview buku yang belum kalian baca, sebaiknya kalian jangan membaca komentar-komentar di Goodreads maupun youtube. Jangan sekali-sekali tergoda membaca spoiler, loh, nanti menyesal :) (kalau sudah baca sih gapapa hehe)

2. Review

Tidak hanya media sosial, review juga bisa, baik review sekuel maupun review buku. Dalam menulis review, satu hal yang paling penting yang tidak boleh dimasukkan dalam review adalah spoiler. Mungkin saja dalam review tidak disengaja terdapat spoiler dan tidak disengaja juga kalian baca.

How to avoid it?

Pendapat orang tentang spoiler umumnya berbeda-beda jadi, aku akan menceritakan bagaimana caranya aku menghindari spoiler, hehe.

Ketika aku berencana membaca buku, biasanya aku akan menghindari untuk membaca review untuk mendapatkan kenyamanan membacaku. Jadi aku membaca review ketika:
a) sudah membaca buku tersebut
b) berencana untuk membeli buku. 
Untuk opsi b, aku biasanya hanya membaca opini orang yang mereview buku tersebut. Jika opini orang-orang bagus, maka aku akan tertarik membeli dan membacanya. Namun, kusarankan lebih baik jangan membaca keseluruhannya. Saat membaca review biasanya aku baca sekilas hihihihi. Kalau sudah selesai membaca, barulah kalian membaca keseluruhan reviewnya.
Jadi, untuk menghindarinya sebisa mungkin kalian jangan membaca keseluruhan review, kusarankan membaca opininya saja.

Untuk para reviewer, jika reviewmu berisi spoiler jangan lupa untuk memperingatkannya, ya.

Ada satu lagi. Ini yang penting:

Jangan sekali-sekali mengintip halaman belakang ketika sedang membaca buku yang kalian baca. Memang hal tersebut menggoda, tetapi lawan godaan tersebut atau kalian akan menyesal. Aku juga susah agar tidak tergoda mengintip halaman belakang tersebut, hehe.

Ya, sampai sini saja postinganku ini hehe. Mohon maaf jika kata-kataku ada yang kurang tepat, aku juga tidak bermaksud untuk menyinggung, hehe. Kalau kalian masih punya tips lainnya, ayo, berbagi! Sampai jumpa dipostingan berikutnya! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...