Selasa, 14 Juli 2015

[Book Review] The Demigod Files

Judul: The Demigod Files
Penulis: Rick Riordan
Penerjemah: Nur Cholis
Penerbit: Mizan Fantasi
ISBN: 9786021606896
Tebal: 280 halaman
Cetakan I, April 2014

Catatan: terdapat sedikit spoiler bagi yang belum membaca Percy Jackson and the Olympians 1-4

Demigod Muda yang budiman,

Sebenarnya buku ini tidak boleh diperlihatkan kepada anak manusia biasa. Karena di sini banyak peristiwa yang dirahasiakan.

Kau akan tahu kebenaran tentang naga perunggu, senjata rahasia baru Hades, dan bagaimana Percy terpaksa terlibat dalam pembuatan senjata itu.

Bukannya ingin menakutimu, tapi sangat penting supaya kau menyadari betapa berbahayanya kehidupan seorang pahlawan.

Chiron juga telah memberiku izin publikasi beberapa wawancara sangat rahasia dengan sebagian pekemah yang paling berpengaruh. Coba bocorkan informasi ini kepada non-demigod, maka Clarisse akan memburumu dengan lembing elektriknya. Percayalah, kau tak ingin hal itu sampai terjadi.

Pelajari buku ini dengan saksama, sebab petualanganmu sendiri mungkin baru dimulai. Semoga para dewa-dewi selalu bersamamu, Demigod Muda!

~~~

The Demigod Files merupakan buku companion dari Percy Jackson and the Olympians. Terdiri dari 3 cerita pendek dan bonus The Staff of Serapis yang semuanya seru. Selain itu ada wawancara dengan beberapa pekemah. Aku akan membahas sedikit tentang 4 cerita pendek tersebut.
  • Percy Jackson dan Kereta Perang Curian
Saat itu Percy sedang berada disekolah ketika ia menemukan gadis yang familiar. Rupanya gadis itu adalah Clarisse yang sedang berada dalam kesulitan. Ternyata, masalahnya adalah Clarisse harus mengembalikan kereta perang Ayahnya tepat waktu akan tetapi, kereta perang tersebut dicuri. Mau tidak mau Percy membantunya. Akan tetapi mengembalikannya ternyata tidak mudah.
  • Percy Jackson dan Naga Perunggu
Cerita ini mengisahkan tentang Percy, Annabeth, Beckendorf, dan Silena yang menemukan Naga perunggu. Sebelumnya, naga ini yang menjaga perkemahan sebelum pohon Thalia dan kemudian naga tersebut hilang. Petualangan mereka ini sebetulnya tidak mudah juga karena mereka harus menghadapi musuh yang menjijikan.
  • Percy Jackson dan Pedang Hades
Anak-anak dari Big Three, Percy, Thalia, dan Nico dipertemukan dalam satu tempat. Rupanya mereka harus menemukan Pedang Hades yang dicuri dan mereka diberikan oleh bunga sebagai pemandu. Jika semua kelopak bunga tersebut telah jatuh, maka misi mereka gagal. Berhasilkah mereka menemukan pedang tersebut?

  • The Staff of Serapis
Annabeth Chase sedang berjalan untuk pulang namun, ia menemukan monster yang ganjil. Biasanya Annabeth bisa mengetahui jenis monster tersebut tetapi, monster ini lain dan monster tersebut tidak peduli dengannya. Tak biasanya monster cuek akan kebereadaan demigod, sehingga ia memutuskan untuk mengikutinya sampai ia bertemu Sadie Kane. Ia mengetahui bahwa monster tersebut berbahaya, bersama-sama mereka harus menghentikan monster tersebut sebelum sesuatu yang buruk mulai terjadi.


Buku ini bersetting sesudah kejadian di buku keempat dan sebelum kejadian buku kelima, kecuali The Staff of Serapis. Untunglah aku membacanya setelah menyelesaikan buku keempatnya. Seperti yang kubilang sebelumnya, buku ini berisi beberapa cerita pendek dan sebagainya. Sejauh ini aku menyukai cerita-cerita pendek tersebut. 

Dari semua cerita pendek yang paling kusukai adalah Percy Jackson dan Pedang Hades. Aku sungguh menanti-natikan petualangan dari ketiga anak dari Big Three ini, sungguh seru dan juga lucu. Oh ya, sebelum kalian membaca The House of Hades nanti, kalian harus membaca cerita ini agar lebih jelas, hehe.

Jujur, ketika aku membaca bonus cerita, The Staff of Serapis ini, aku terkesan bahwa penulis mampu memadukan kedua unsur tersebut dengan sempurna. Seharusnya aku membaca Son of Sobek terlebih dahulu, namun aku belum memilki cerita pendek tersebut. Akan tetapi, itu tidak menjadi masalah karena aku menyukai Percy Jackson dan Kane Chronicles ini, aku bersemangat ingin melihat bagaimana jika keduanya dipertemukan. Setelah menyelesaikannya, aku ingin membaca The Crown of Ptolemy untuk melihat petualangan selanjutnya.

Selain cerita pendek, Rick Riordan menambahkan wawancara bersama beberapa pekemah. Aku menyukai semua wawancaranya namun, yang membuatku tersenyum adalah wawancara bersama Annabeth. Mungkin yang sudah membaca tahu alasannya, hehe. Kemudian ada juga beberapa ilustrasi dan teka-teki.

Aku sungguh menyukai petualangan-petualangan yang terdapat di buku ini. Segera saja aku merindukan suasana di perkemahan blasteran :)


Rating:
4.5/5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...