Minggu, 12 Juli 2015

[Book Review] The Lost Hero

Judul: The Lost Hero (Heroes Of Olympus #1)
Penulis: Rick Riordan
Penerjemah: Reni Indardini
Penerbit: Mizan Fantasi
ISBN: 978-979-433-653-3
Tebal: 586 halaman
Cetakan V, Maret 2014

Catatan: Bagi yang ingin membaca buku ini, kusarankan untuk membaca Percy Jackson and the Olympians terlebih dahulu, karena buku ini mengandung sedikit spoiler. Hanya sedikit, memang, tapi tetap kusarankan membaca seri sebelumnya, hehe.

“Tujuh Demigod akan menjawab panggilan. 
Karena badai atau api dunia akan terjungkal—” 

Tiga Demigod baru bergabung di perkemahan Blasteran.
Jason yang tidak bisa mengingat jati dirinya, Piper yang penuh misteri, dan Leo dengan kemampuan mekaniknya yang luar biasa.
Bersama-sama, ketiganya mengemban sebuah misi penyelamatan.
Misi yang juga akan mengungkap sebuah rahasia besar mereka di masa lalu.
Bergabunglah dengan para Demigod dari Perkemahan Blasteran dan nikmati petualangan serunya!!


~~~ 

Jason mendapatkan dirinya di bus sekolah menggenggam tangan seorang gadis. Ia bahkan tidak ingat siapa dirinya dan siapa gadis itu. Bus sekolah tersebut membawa anak-anak ke darmawisata di Grand Canyon. Ia juga tidak ingat Leo yang merupakan sahabatnya. Tentu saja darmawisatanya tidak berjalan secara lancar. Kekacauan terjadi, Roh badai menyerang mereka di Grand Canyon.

Pelatih mereka, Pak Hedge berpesan kepada mereka bahwa ada tim penjemput yang akan membawa mereka ke tempat aman. Tempat tersebut bernama Perkemahan Blasteran, mereka dijemput oleh Annabeth. Rupanya Annabeth dikirim untuk menjemput mereka untuk mendapatkan jawaban atas Percy yang hilang, tetapi malah menemukan 3 anak tersebut.

Ada sebuah ramalan yang membuat mereka bertiga harus menjalankan misi penyelamatan. Dengan dibantu oleh teman-temannya, Piper dengan kemampuan uniknya, dan Leo yang memiliki kemampuan mekaniknya yang hebat, mereka menjalankan misi tersebut. Akan tetapi, misi tersebut tidaklah mudah, mereka juga harus berhadapan dengan monster-monster. Tidak ada pilihan lain selain menjalankan misi tersebut, karena sesuatu yang besar akan bangkit. Selain itu, Jason juga mendapatkan kembali ingatannya.

Lalu, kemanakah Percy dan apa hubungannya dengan mereka? Berhasilkah Jason mendapatkan kembali ingatannya?


Source: here
Awal dari seri Heroes of Olympus yang cukup seru, banyak aksi, lelucon. Dijamin bikin ketagihan dari awal halaman :)

Buku ini menyimpan banyak misteri dari awal halaman yang membuatku ingin membaca sampai habis untuk mencari tahu. Dimulai dari Jason yang mendapati dirinya hilang ingatan bersama Piper dan Leo, bertanya-tanya mengapa ada disini. Sama seperti sebelumnya, selain dibuka dengan awal yang misterius, cerita ini juga dibuka dengan aksi melawan monster. Kemudian ada Piper dan Leo, keduanya memiliki masalah masing-masing. Aku rasa masalahnya Leo lebih dark dibanding punya Piper. Seiring berjalannya cerita, konflik dan rintangannya semakin rumit. Selain itu, tokoh antagonisnya membuatku bertanya-tanya siapa karena penulis menceritakannya dengan hati-hati dan akan terungkap pelan-pelan seiring berjalannya cerita.

Awal ceritanya mengingatkanku dengan buku pertama dari seri PJO, yang tokoh utamanya belum diketahui identitas sebenarnya. Seiring berjalannya cerita, identitas mereka bertiga pun terkuak. Melalui jalan pemikirannya Piper aku juga ikut bertanya-tanya siapa orang tua Olympianya Piper.

Diceritakan dengan sudut pandang ketiga dari pihak Jason, Piper, dan Leo secara berganti-gantian. Aku lebih bersemangat ketika membaca dari sudut pandangnya Leo karena leluconnya yang membuatku tertawa. Tidak hanya leluconnya, cara ia menceritakannya dan tingkah lakunya juga membuatku tertawa. Mengingat Leo ini punya masalah yang agak rumit, aku lebih bersimpati padanya. Namun, aku tetap bersemangat ketika membaca dari sudut pandangnya Jason dan Piper. Jason ini aku rasa agak serius. Soal Piper, aku sudah agak lupa bagaimana Piper ini di buku pertamanya, hehe.

Dengan buku setebal 500 lebih halaman, aku sungguh menyukai jalannya cerita. Mulai dari misterinya kemudian aksi. Akan tetapi, dipertengahan halaman aku merasa jenuh karena banyaknya aksi, ya, aku bukan penggemar aksi. Ceritanya memang berfokus kepada petualangan mereka bertiga. Ketika menamatkan buku ini, aku sungguh terkesan akan keterkaitan hubungan ceritanya dengan semua masalah ini. Rick Riordan memang hebat membuat jalan ceritanya tidak terduga.

Sebelumnya, Pastinya setelah selesai membaca seri PJO, kalian merindukan suasana Camp Half-Blood. Ketika kalian membaca buku pertama dari seri ini, kalian akan dikenalkan kembali suasana Camp Half-Blood. Kalau dalam Percy Jackson and the Olympians, hanya memadukan budaya Yunani kuno, dalam buku ini penulis menambahkan sedikit unsur Romawi kuno. Awalnya aku sempat bingung kok dewa-dewi Olympia ada nama-nama Romawinya, ya. Ternyata...... (kalian baca sendiri deh)

Aku sangat suka petualangan-petualangan yang dialami mereka dan juga keterkaitan itu semua. Sebelumnya, mungkin kalian mengingat-ingat visi Percy yang terdapat di buku terakhir seri PJO yang tidak dijelaskan lebih lanjut dalam buku tersebut. Namun, dalam buku ini akan dijelaskan singkat.Tidak lupa, ENDING!!!!! ENDINGNYA MALAH MEMBUATKU INGIN MEMBACA KELANJUTANNYA! Fiuh, benar-benar puas!

Rating:
5/5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...