Selasa, 17 Maret 2015

[Book Review] The Screaming Staircase

Judul: The Screaming Staircase (Lockwood & Co. #1)
Penulis: Jonathan Stroud
Penerjemah: Poppy D. Chusfani
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 424 halaman
Cetakan I, Januari 2014

Setelah gelap, bunyikan lonceng dan tunggu di luar garis besi.

Selama lima puluh tahun lebih, wabah hantu menyerang Inggris. Lucy Carlyle, penyelidik paranormal yang masih muda, menginginkan karier cemerlang. Namun, kenyataannya ia bergabung dengan agensi pembasmi hantu paling kecil, paling kumuh di London, dipimpin Anthony Lockwood yang karismatis.

Ketika salah satu kasus mereka berakhir dengan kekacauan fatal, Lockwood & Co. memiliki peluang untuk memperbaiki keadaan. Sayangnya, itu berarti mereka harus menginap di rumah paling berhantu di Inggris.


~~~

Di London ada sebuah agensi Lockwood & Co. yang sedang membutuhkan penyelidik paranormal. Akhirnya mereka mendapatkannya, seorang gadis bernama Lucy Carlyle. Lucy ini memiliki Daya Dengar, ia bisa merasakan emosi hantu melalui benda-benda yang dipegangnya. Agensi tersebut dipimpin oleh Anthony Lockwood dengan wakilnya George Cubbins.

Suatu hari, Lucy dan Anthony sedang menyelidiki kasus hantu yang menyebabkan penghuni rumah tersebut tewas karena terjatuh. Akan tetapi, kasus itu malah berakhir dengan kacau. Mereka tidak sengaja membakar rumah tersebut. Pemilik rumah dituntut untuk menggantikan rugi dalam jangka waktu 4 minggu dengan biaya yang sangat mahal. Jika mereka tidak menggantikan rugi, agensi mereka akan ditutup oleh DEPRAC.

Suatu hari, ada seorang yang menawarkan peluang besar jika mereka berhasil untuk menyelamatkan agensi serta mengganti rugi. Oleh karena itu, mereka harus menyelidiki di rumah yang paling berhantu di Inggris. Kabarnya, tidak ada yang selamat dari rumah tersebut.

Akankah mereka menerima tawaran tersebut? Berhasilkah mereka menyelamatkan agensi Lockwood & Co. yang terancam?

Pertama kalinya aku membaca novel detective-horror dan pertama kalinya juga membaca novel karya Jonathan Stroud. Kali ini penulis sukses membuatku kebayang hanya karena 3 adengan setelah membaca novel ini.

Ditulis dengan sudut pandang Lucy Carlyle, sebagai tokoh utama. Karena Lucy punya bakat daya dengar, maka deskripsi tentang emosi-emosi hantunya membuatku merinding dan tidak berani untuk membaca secara detail. Tetapi, kalau tidak baca detail malah bingung apa yang sedang dibicarakan. Lebih baik baca cepat, deh (apa ini) karena buku ini memang lebih fokusnya ke penyelesaian masalah suatu kasus (detektif). Mirip serial TV Ghost Whisperer.
"Tidak. Itu bukan masalah. Apa pun yang sudah terjadi, itu sudah berlalu. Sekarang yang terpenting adalah masa depan. Bagiku, aku bisa memastikan bahwa suatu hari nanti agensi ini bakal menjadi salah satu dari tiga agensi yang paling sukses di London...."
Beberapa saat sebelumnya, ia mengomeliku habis-habisan; sekarang aku adalah buah hatinya. Begitulah Lockwood. Perubahan suasana hatinya kadang-kadang terjadi begitu cepat sehingga membuat orang tidak sempat bereaksi, namun energi dan antusiasmenya selalu mustahil untuk ditolak.
Tentu saja, karakter yang aku suka adalah Anthony, ia sangat berkarismatis, yakin bahwa agensi Lockwood bakal menjadi salah satu agensi yang paling sukses di London. Selain itu, ia sangat menyukai tantangan hantu Tipe Dua, karena ia ingin agensinya sukses. Dan juga suasana hatinya kadang suka berubah-ubah. Si Anthony ini juga sangat antusias untuk menyelesaikan kasus-kasusnya. Antusiasnya juga membuatku menjadi antusias juga untuk menyelesaikan buku ini. Namun, ada juga George Cubbins, dia gemar sekali membaca komik. Selain itu, dia juga agak pemarah dan iri. Disamping itu, ia juga lucu!! Ada juga Lucy, si tokoh utama. Awalnya aku tidak menyukai sifatnya karena keras kepala dan ingin agak terburu-buru.

Buku ini terbagi menjadi 5 bagian. Setiap bagian mewakili pusat ceritanya masing-masing. Untuk bagian 2, alurnya mundur kebelakang sisanya, maju. Penulis sukses membuatku ketagihan membaca buku ini sampai-sampai tidak menyadari kalau sudah membalikkan halaman begitu cepat. Rencananya ingin lanjut ke buku keduanya, tetapi setelah membaca buku pertamanya masih kebayang. Jadi, kalau sudah siap-siap mental, rencananya mau lanjut! I LOVE LOCKWOOD & CO.

Untuk terjemahan sudah oke!! Bagi penyuka Mysteri dan Horror, buku ini wajib dibaca!! Apalagi penyuka serial TV Ghost Whisperer :)

Rating:
5/5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...