Sabtu, 29 November 2014

[Book Review] Shatter Me

Shatter Me (Shatter Me #1)
Penulis: Tahereh Mafi
Penerjemah: Dina Begum
Penerbit: Mizan Fantasi
Tebal: 448 halaman
Cetakan I, Oktober 2012

Negara melihat betapa menguntungkan betapa berbahayanya aku, dan mereka pun memutuskan untuk menyekapku di sebuah penjara
menjauhkanku dari manusia normal. Mereka ingin menjadikanku senjata pemusnah menciptakan kedamaian yang sempurna di dunia ini.
Datanglah Adam. Tampan, memikat,memesona, baik hati. Di matanya, aku cantik aku tidak berbahaya. Lalu, kami pun bersekongkol, berdiskusi. Adam akan membantuku keluar dari kurungan pengasingan ini, dan kami akan hidup bahagia nun jauh di sana. Itu janjinya.
Tapi, apakah dia bisa menepatinya? Tidakkah dia sadar bahwa suatu saat nanti aku bisa saja mengubah dan menghancurkannya menjadi serpihan abu?



~~~

Juliette sudah dikurung selama 3 tahun, dikurung tanpa teman. Bahkan orangtuanya yang membawanya ke tahanan itu. Ketika Juliette ingin menolong orang, orang itu malah mati karena Juliette punya sentuhan yang menyebabkan jika orang menyentuhnya atau dia menyentuh orang tersebut maka orang itu mati. Sejak itu, Juliette merasa dikucilkan, dia juga gabisa lagi menyentuh orang atau sebaliknya. 
264 hari, datanglah teman satu sel. Entah mengapa tiba-tiba ada yang dikurung juga ke selnya Juliette. Adam namanya. Juliette ingat Adam, dia tidak akan melupakannya. Juliette makin bingung ketika Adam menyentuhnya. Bukankah jika menyentuhnya akan mati? Apa Adam kebal? Entahlah


Hingga selnya diterobos oleh tentara dan dibawa ke suatu tempat. Ketika bangun, Juliette sudah mendapat dirinya di suatu tempat dan berpikir bagaimana keadaan Adam. Ditempat itulah dinamakan oleh Tatanan Baru. Adam ternyata seorang tentara Tatanan Baru! 
Saat itu juga dia bertemu dengan Warner. anak dari pemimpin Tatanan Baru. Warner ingin mencari tahu jauh tentang kekuatan Juliette. Suatu hari, Juliette menanyakan nama depannya. Warner akan menjawab kalau Juliette menyentuhnya. Tentu Juliette ga mau, hal ini membuat Warner marah. Warner memaksa untuk menyentuh anak kecil didalam suatu ruang. Juliette pun dipaksa masuk, dan ga lama dia menyentuh anak kecil itu dan mati. Kemarahan Juliette meledak, kebenciannya kepada Warner juga makin menjadi-jadi. Dia bersekongkol dengan Adam untuk keluar dari situ.

Apakah mereka berhasil kabur dari Tatanan baru? Bagaimana nasib mereka selanjutnya?? Bacaaaa :)


Gaya penulisannya unik! Ada kata-kata dicoret dan ada kalimat yang seperti puisi. Awalnya ketika aku membaca buku ini, bingung kenapa ada kata-kata coretan. Ternyata itu menandakan semacam pikiran yang berlebihan. 

Alur novel ini memang lambat. Kebanyakan drama dan romance-nya. Aku suka karakter Kenji, lucu. Karakter Warner yang aku dapatkan hanyalah kalau dia tegas, kejam. Kalau Adam ya gitu hehe. Nah, aku juga kurang ngerti sama dunia novel ini memang sehabis perang tapi aku belom terlalu ngerti. Kurang rinci gitu. 

Sehabis baca buku ini pun banyak pertanyaan yang muncul, kenapa Adam dan si itu bisa nyentuh Juliette? Dari mana asal kekuatannya Juliette? dan masih banyak lagi. Seperti yang aku bilang tadi, alurnya lambat, tapi di akhir-akhirnya udah mulai seru. Karena itu, aku gasabar banget beli dan baca kelanjutannya, Unravel Me
.
Covernya justru aku suka yang bergambar mata seperti yang disamping itu. Best cover I've ever seen! Cover Mizan juga bagus kok, abu-abu dan sederhana. Ga jauh dengan gambar yang kedua warna coklat itu.


Rating: 3/5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...